Travel Diary

Tempat Main Anak Terseru di Bandung [BAHASA]

Beberapa hari lalu saya ikut liburan dadakan sama tim Herbalife kaka saya, saat itu salah satu tujuannya ternyata ke Floating Market. Saya udah pernah sih dulu sama keluarga ke Floating Market kalau penasaran kamu bisa buka lagi di sini. Tapi saya ingat beberapa waktu lalu memang saya lagi ngebet pengen ajak anak nyoba tempat main baru di area yang masih termasuk Floating Market  gara gara liat liputannya di TV dan snapgram Mbak Fifi Alvianto. Naaah dan pas kemarin snapgram banyaaak banget yg DM dan tanya dimana well saya tulis pengalamannya disini yah dengan bonus pake Bahasa. Ini sbenernya agak kaku nulis pake bahasa indonesia karena biasa pake bahasa Inggris (bukan sok western anak saya aja masih belajarnya bahasa Indonesia dan sunda tapi kalau kamu suka nulis pasti tahu feeling saat kamu ngerasa nulis sesuatu lebih mengalir). Well lets begin our story shall we?

 

 

Area permainan baru ini namanya KOTA MINI masih satu area sama Floating Market jadi buat masuk kamu bisa masuk dari area Floating Market jalan ke atas atau masuk dari area masuknya sendiri. Nah kebetulan kemarin itu saya dan rombongan masuk dari area parkiran Floating Market jadi saya dan suami (dengan penuh perjuangan di tengah panas terik hahaha) angkut anak dan kereta melewati anak tangga lumayan banyak. Tapiiii alhamdulilah pas sampe atas saya beneran kesenengan liat tempatnya bahkan saat baru sampe Gerbang. Lucu bangeeeetttt.

 

 

Nah di loket meskipun di awal kamu udah bayar tiket buat Floating Market tapi kamu harus beli lagi tiket buat masuk area. Tiket masuk untuk ke Kota Mini Rp 25.000 / orang semua usia tapi tiket ini hanya untuk masuk aja ke area, nah buat masuk lagi ke tiap rumah dan anak kita bisa ikut permainan kita harus beli tiket lagi, setiap rumah dikenakan biaya beda. Pas kemarin kita disaranin buat beli tiket Boarding Pass seharga Rp 98.000 dapat 5 tiket sobek kaya yang saya foto di bawah (ini saya foto di tengah anak udah main sana sini). Setiap rumah tiketnya beda kaya Cooking Class itu 2 tiket sedangkan kalau ke Hospital atau Farm Market cuma 1 tiket. Daaan betenya semua permainan seru dan gemesiiiin tapi harus diinget rata rata minimal usia untuk ikut permainan itu 2 tahun. Jadi buat ibu ibu yang anaknya belum dua tahun mohon bersabar tapi banyak area permainan lain yang seru buat anak di bawah 2 tahun.

 

 

Rumah pertama yang kita coba : Mini Bakery

 

 

Yang saya shock adalah saya pikir anak dikasih tempat main kaya di playground biasa tapi ternyata SEMUANYA ASLI! 

Jadi kaya ngebiarin anak kita bikin kue di dapur tapiii disini tentu pake pengawasan orang dewasa. Satu kelas itu bisa menampung 6 orang anak, saya kebetulan datang pas weekday jadi ga begitu hectic dan penuh. Dan saya diijinkan sama mbaknya nemenin di dalam karena anak saya gamau ditinggal sendiri. Kalau hari minggu udah jatah harus tunggu di luar karena pasti penuh sama anak anak yang main di dalam dengan banyak printilan perabot. Daaaan tentu sebelum main Freya pake kostum chef!.

Tiket yang disobek : 2 tiket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Chef literally try her cupcake, and she likes it!

 

 

 

 

 

 

Kelas kedua yang kita coba (karena anak saya sukanya masak masakan) :

Cooking Class Pasta

 

 

 

Selesai dari bikin cupcake anak saya masih pengen coba kelas masak masakan yang lain, kita dikasihtau untuk kelas memasak lain ada kelas pasta disana bahkan pastanya asli bisa langsung dimakan. Langsunglah kita pindah tempat (tentu setelah freya puas colek colekin cupcake yang dia bikin sendiri). Nah ternyata di kelas ada anak lain yang masih main jadi kita harus nunggu giliran, beruntung karena ini weekday jadi proses nunggu kita gak lama. Bahkan sambil nunggu Freya sempet main telpon telponan di red box ala London dan nyoba naik motor mini tapi anaknya keburu lari lagi pengen cepet cepet ikut kelas masak Pasta. well ginilah jadinya kita di dalam kelas pasta. Beruntung lagi mbaknya ijinin mama Freya masuk nemenin dan foto foto kegiatan karena cuma Freya sendiri yang main.

Tiket yang disobek : 2 tiket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sama seperti cooking class sebelumnya semua bahan dan peralatan yang digunakan asli kecuali pisau yang dipakai buat potong bawang bombay dan sosis itu pake pisau buat selai jadi ga begitu tajam tapi cukup buat motong sosis. Kompornya pake kompor listrik jadi kita ga takut anak kena api dan semua bahan digunakan sebetulnya setengah matang jadi pas masak wajannya asal anget aja biar anak bisa ngaduk ngaduk. Semuanya benar benar aman dan dalam pengawasan instrukturnya. Dan tentunya pastanya bisa langsung dimakan.

 

Cheff nyoba masakannya sendiri.

 

 

 

Permainan ketiga yang Freya coba adalah :

Hospital

 

 

Ini gara garanya saat liat sepupunya bawa kereta bayi dengan baju suster Freya jadinya pengen nyoba permainan ini, padahal awalnya pas baru dateng dan kita masuk anaknya langsung kabur lagi karena gamau, pengennya coba permainan masak. Disini selain pake kostum yang bikin gemes, properti bayinya gak asli bu ibu tenang aja haha tapi semua peralatan bayinya asli sampe bedak bayi yang nanti dipakein, popok dan kain bedongnya. Nah kebetulan pas di hospital ini ada anak lain yang ikut gabung jadi saya dan mamanya anak ini gak bisa masuk karena ruangannya sempit. Untung Freya udah nyaman dan gak masalah saya tinggal di dalam. Jadi inilah kisah bu suster Freya.

Tiket yang disobek : 1 tiket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi ceritanya di hospital ini tugas si anak adalah ganti bedong dan washlap bayi. Di mulai dari dikasih washlap asli buat bersihin badan bayi (ceritanya) meskipun kering lalu ganti popoknya dan bedakin plus periksa kesehatan bayi pake stetoskop. Lalu di akhir boleh ajak jalan jalan bayi pake kereta dorong, dan saya aja ga tahan banget liat kegemesan anak anak ajak jalan jalan boneka bayi mereka sampai ada pegunjung lain yang minta foto bareng sama Freya dan teman barunya. Dan disini anaknya gamau selesai main untuk nyoba permainan lain karena saking sukanya sama permainan ini.

 

Sebetulnya masih banyak banget permainan lain yang seru dan pengen dicoba tapi karena kita datang ke area siang sekitar jam 13.00 kita udah kehabisan waktu cuma untuk 3 permainan yang rata rata sekitar 15 menit paling sebentar plus boarding pass yang kita beli udah abis. Akhirnya kita bujukin anaknya untuk pulang karena Freya pun udah kecapean dan ngantuk. Sebelum pulang kita sempet mampir ke Animal House dan main sama banyak kucing, kelinci, monyet dan bahkan berang berang (sayang ga kefoto) disini kebetulan kita lihat ada kucing yang baru melahirkan juga dan mas penjaganya baik karena kita sendiri saya dan suami diperbolehkan masuk untuk menemani. Tapi saat nemenin anak ke Animal House kita harus siap karena agak bau (hal normal kalau karena ini semacam kandang besar) dan karena jumlah kucingnya banyak ada beberapa yang matanya sakit. Tapi over all kita senang karena mas yang mandu kita baik dan informatif bahkan saat itu kasih kita bonus satu cup makanan kucing lagi karena Freya ga sengaja jatuhin makanan kucing saat masuk. Dan setelah selesai jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun yang sudah disediakan disana.

 

 

 

Saat masuk Candy Factory udah pake kostum tapi ga jadi karena ternyata dia ga mau bikin cokelat atau pop corn tapi pengen makan permennya. hahahhaa

Tiket disobek : 1 tiket

 

 

Saat masuk ke Farmer Market tapi keburu ketakutan saat mbaknya tutup pintu dan gak kasih izin mamanya masuk. Untunglah mbaknya baik tiket kita dikembalikan hihi.

Tiket disobek : 1 tiket

 

 

 

 

TIPS ala Mama freya

  1. Bawa payung lipat dan jas hujan karena area Lembang itu ga keprediksi bisa hujan deras banget atau malah panas banget. Yang penting siapkan keduanya.
  2. Bawa Sun Block untuk proteksi, Lembang saat panas menyengat itu bukan sahabat baik untuk kulit, siapkan sunblock karena saat anak pake baju pendek dan terpapar sinar matahari jangan sampai kulitnya terbakar karen sinar matahari.
  3. Siapkan Stroller atau sewa di tempat. Area Floating Market itu besar sekali kita aja orang dewasa cape banget apalagi anak. Dan gendong anak 15 kg itu bukan perkara gampang jadi sebaiknya siapkan stroller yang ringan dan gampang dilipat, atau kalau terlupa bisa pinjam disana. Tapi saya menyarankan kalau punya lebih baik bawa punya sendiri, selain lebih bersih dan kokoh menghindari kemungkinan kamu kehabisan stroller yang sesuai apalagi di weekend atau hari libur karena jumlah stroller yang disewakan ga begitu banyak. Kalau cari area penyewaan stroller ada di dekat pintu masuk Floating Market.
  4. Bawa keperluan seperlunya dengan tas yang bisa diselempangkan atau backpack dan batasi isinya seefisien mungkin, kecuali kita bawa stroller yang bisa menampung sebagian barang bawaan kita. Saya tidak menyarankan bawa tas tangan ya karena pasti repot dan pegal.
  5. Jangan lupa tukarkan uang dengan koin begitu masuk area, daripada nanti kerepotan saat anak ingin beli sesuatu tapi merchant ga terima uang cash. Pastikan menukarkan uang seperlunya karena kalau tidak habis tidak bisa diuangkan kembali.
  6. Pastikan anak sudah kenyang dan cukup tidur supaya dia bisa menikmati betul waktu bermain disana.
  7. Air mineral to the rescue.
  8. Pakailah sepatu ternyaman baik untuk kita orang tua dan anak dan siapkan plester untuk berjaga kalau kalau kaki lecet karena kita banyak berjalan. Kalau saya lebih prefer sneaker daripada flat karena flat ternyata ga ngurangin pegel.
  9. Bawa kamera atau ponsel dengan resolusi terbaik karena bukan bohong setiap spot di area ini begitu cantik dan menggemaskan dan sayang kalau tidak diabadikan
  10. Datang dari pagi supaya anak puas mencoba semua area permainan, saya gak tahu sebenarnya jam berapa Kota Mini buka tapi semakin pagi semakin bagus buat saya supaya anak  puas.
  11. Bersiap dengan Lembang yang macet di weekend, siapkan Waze untuk bantuan menemukan jalan terkurang macet untuk menuju tempat tujuan.
  12. Bawa obat obatan yang diperlukan, kadang saya selalu bawa sanmol jadi setelah anak main seharian.
  13. Coba semua kuliner di Floating Market karena meskipun agak pricey tapi enak bangeeeettt terutama Sate Maranggi, Durian Bakar harus banget dicoba.
  14. Jangan lupa mampir ke Pabrik Tahu Susu sekitar 10 menit dari Floating Market untuk belanja makanan khas dan oleh oleh.
  15. Have Fun!

 

 

See you another adventure.

KOTA MINI

Floating Market swimming pool

Jln. Grand Hotel no 33 Lembang ‭
+62 812 20008168‬
Line : @eay8746e
Kota Mini Facebook : Kota Mini
KotaMini@yahoo.com
 Love,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *