Travel Diary

CARA BIKIN PASSPORT BEBAS RIBET [BAHASA]

Jadi seperti kalian tahu beberapa waktu lalu saya sempet post kan perjalanan saya bikin passport baru?sebenernya itu gampang dan cepat asal kita tahu betul langkah langkah yang dibutuhkan dan MURAH!. Kenapa saya lakukan perpanjangan?soalnya memang masa berlaku sudah kurang dari 6 bulan jadi saya udah ga bisa pake untuk pembelian tiket. Daripada nanti saya ribet jadi saya lakukan perpanjang sekarang.  Oke saya akan jelasin satu persatu langkah yang saya lakukan pas kemarin perpanjang Passport.

  1. PENDAFTARAN

Sesuai peraturan baru sekarang semua hal di Kantor Imigrasi serba online, jadi kamu ga bisa sekonyong konyong datang dan minta dilayani. Hal pertama yang harus kamu tahu adalah bikin janji temu lewat pendaftaran online. Nah tantangannya disini meskipun ekonomi Indonesia lagi ga stabil saya ga nyangka permintaan passport itu amat sangat tinggi. Saya aja perlu jeda satu bulan dari saya cari tanggal di webnya karena rata rata harinya penuh, kalau kamu nemu tanggal oke dan dekat, cepatlah isi karena jeda berapa menit aja bisa diserobot sama orang lain.

Disana ada dua macam pendaftaran pembuatan passport baru atau perpanjangan passport lama. Jenis passportnya pun ada dua passport biasa dan e-passport (ini cuma bisa dibikin di kantor imigrasi pusat di Jakarta). Nah saya kan di Garut jadi pilihannya antara kantor Imigrasi Tasik atau Bandung, saran saya kalau kamu bisa mending ambil yang di Tasik aja supaya antriannya ga banyak amat karena wilayah cakupannya juga lebih dikit kan. Kalau di Bandung yasalaaaaam ga usah diceritain deh gimana penuhnya.  Nanti tinggal isi data NIK di KK atau NIK e KTP setelahnya kamu bakal dapat notif kaya gini, jangan lupa  buka barcodenya dan simpan buat nanti kamu pendaftaran langsung saat hari yang ditentukan di Kantor Imigrasi yang sudah kamu pilih.

BARCODE bukti bahwa kamu punya janji temu di Kantor Imigrasi pada hari yang ditentukan. P.S maaf fotonya penuh sensor karena ini data pribadi ya hehe

2. PERSIAPAN DOKUMEN

Sambil nunggu waktu untuk datang ke Kantor ada baiknya kamu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

  • Fotocopy E KTP atau surat keterangan perekaman bukti E KTP belum selesai. Ini penting banget karena tanpa E KTP proses ga bisa dilaksanakan, kalau belum punya bisa datang ke Kantor Kecamatan atau Dinas Catatan Sipil terdekat untuk proses.
  • Fotocopy Halaman Identitas Passport Lama (untuk perpanjangan) ukuran A4 JANGAN DIPOTONG.
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Akta Kelahiran
  • Bukti Pendaftaran Online (Barcode yang diatas)

Tambahan hal yang kamu perlu bawa saat ke Kantor Imigrasi supaya disana ga ribet

  • Materai 6000 
  • Alat Tulis dan Lem

Dan sebaiknya kamu bawa dokumen asli kalau kalau ada kekurangan atau verifikasi data fotocopy sesuai asli.

3. Hari Pembuatan Passport

  • Do and Dont untuk datang ke Kantor Imigrasi
  1. Pakai Baju sopan Celana Panjang (ga boleh celana pendek), Kaos atau kemeja berkerah (kalau yang jilbaban bebas) dan Sepatu tertutup Ga boleh sendal apalagi sendal Jepit.
  2. Jangan pake softlens
  3. Usahakan warna rambut asli (untuk yang ga pakai kerudung) atau akan bertahan sampai nanti kamu akan berangkat ke negara tujuan.

  • Datang sepagi mungkin usahakan jam 8 pagi sudah sampai Kantor Imigrasi karena dipastikan antriannya panjaaaang banget meskipun kamu udah Daftar Online. Kalau kamu datang ke Kantor Imigrasi Bandung enaknya bawa supir atau Grab karena area parkirnya terbatas.

  • Datang ke Bagian Pendaftaran dan minta formulir pendaftaran manual (ada dua formulir yang harus diisi) isi sesuai data dokumen yang kamu bawa (sesuai KK dan KTP) dan jangan lupa nanti tanda tangan dengan materai 6000. Kamu bisa isi formulir ini di meja luar yang disediakan, supaya ga ribet jangan lupa bawa alat tulis dan materai kalau ga sempet biasanya materai dijual di Koperasi Kantor Imigrasi. Formulir ini mencakup data lebih detail untuk kebutuhan passport nanti

  • Setelah formulir manual terisi mulailah antri untuk dapat no antrian wawancara dan foto. Nanti kamu akan mendapatkan map dari petugas yang di dalamnya tolong diisi kelengkapan fotocopy data yang dibutuhkan (ada data ceklis di sampul mapnya). Nah dari sini silahkan anda bersabar menunggu giliran foto dan wawancara makin pagi kemungkinan no antrian makin sedikit. Ada sekitar 12 petugas yang melayani proses wawancara dan foto tapi karena pendaftar itu banyak pake banget jadi harap sabar.

  • Petugas itu istirahat antara pukul 12.00-13.00 jadi silahkan prediksi sendiri, tapi JANGAN SAMPAI KELEWAT lihat kira2 lokasi kemungkinan kamu akan wawancara dan foto. Kalau giliran kamu sampai langsung menuju “pos” yang dituju dan silahkan jawab pertanyaan dari petugas dan jangan lupa siap siap foto untuk passport.

  • Gue pengennya kaya Khloe Kardashian gt kan bawa ring light sendiri kalau foto supaya kece tapi ga bisa karena malah bawa anak. Sedikit tips supaya foto passport ga jelek jelek banget : posisi badan tegak, bahu relaks, karena ga bisa keliatan gigi latih senyum dikulum enak kamu dan pastikan pake sedikit makeup buat perempuan supaya ga keliatan pucet. My must have : concealer, alis, bulmat, blush on dikit dan lipstik agak pinkish, and you go girl!

  • Setelah foto dan wawancara dokumen yang kamu bawa akan disimpan untuk proses sementara kamu dapat billing yang harus segera dibayar maximal 3 hari (kalau ga salah) dari pengajuan di Kantor Pos. Kantor Pos disini maksudnya kaya “pop up store” Kantor Pos yang masih ada di bagian Kantor Imigrasi sendiri, kalau di Kantor cabang Bandung ada di bagian depan banget pas gerbang masuk. Nah kalau bisa di hari yang sama segera bayar billing tagihan biaya pembuatan passport ini supaya 3 hari kerja selanjutnya bisa kamu ambil. Setelah melakukan pembayaran simpan buktinya untuk nanti proses pengambilan. Kalau kamu males untuk bayar di area kantor karena kadang penuh kamu bisa melakukan pembayaran di teller bank tertentu (MANDIRI, BRI) atau ATM. Untuk passport biasa biaya administrasi yang harus dibayar kurang lebih IDR 350,000.

4. PENGAMBILAN PASSPORT

Setelah tiga hari kerja dari kamu membayar billing tagihan, silahkan datang lagi ke Kantor Imigrasi usahakan datang pagi juga karena yang bawa passport itu sama banyaknya dengan yang bikin jadi sama aja antri panjaaaang.

  • Ambil no antrian untuk pengambilan seperti antrian sebelumnya
  • Tunggu giliran antrian
  • Saat no kamu dipanggil silahkan maju ke loket pengambilan passport, bawa materai 6000 untuk menandatangani surat bukti pengambilan.
  • BAWA PASSPORT LAMA  ini penting terutama buat kamu yang jarang pergi ke luar negeri kalau sewaktu waktu perlu apply visa yang mensyaratkan harus melakukan perjalanan ke luar beberapa kali. Setelah bawa passport baru kamu harus isi formulir lain yang menyatakan bahwa passport lama kamu ambil sendiri.
  • Kalau kamu tidak bisa datang ambil sendiri berikan surat kuasa dengan materai 6000 yang ditandatangani kepada orang yang kamu suruh, kecuali kamu ada dalam satu Kartu Keluarga. Kaya saya bisa bawain Passport suami tanpa surat kuasa karena kita dalam satu Kartu Keluarga.
  • SELESAI. PASSPORT BARU SIAP DIPAKAI.

Kesimpulan dari saya urus passport sendiri itu biasanya masalahnya adalah di kelengkapan dokumen, ga bawa perentelan sederhana yang bkn kita lama cari kaya alat tulis materai, dan intinya kesabaran untuk antri dan nunggu giliran karena memang yang bikin passport tiap hari itu banyak banget dengan berbagai kepentingan. Jadi intinya kalau kamu pengen bikin atau perpanjang sendiri luangkan waktu dua hari penuh untuk bikin dan ambil karena ya lama itu di antrinya ini. Selebihnya gampang, mudah dan murah. Semoga post ini membantu para pembaca blog saya yang ada rencana untuk bikin passport sendiri. Stop menyuburkan praktek PUNGLI, bikin passport ga ribet. Happy holiday then.

Love,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *