Travel Diary

SWEET ESCAPE BEHIND THE CAMERA

Satu hal yang tidak saya tak sesali lakukan adalah memutuskan untuk mendokumentasikan liburan saya bersama mama lewat Sweet Escape, brand pioneer jasa professional travel photografer. Kalau cerita sedikit sebetulnya dari jauh jauh hari saya sudah eyeing instagram mereka dari sejak lama dan kagum sama hasil hasil fotonya. Apalagi saat tahu bahwa Sweet Escape adalah sister brand Axioo, sudah tak diragukan lagi kualitasnya gumam saya dalam hati. Sejak itu bekerjasama dengan Sweet Escape menjadi salah satu wishlist saya satu hari nanti kalau saya punya kesempatan bepergian.

Sedikit cerita soal Sweet Escape karena banyak banget yang salah sangka pas saya dulu post hasil fotonya. Jadi Sweet Escape ini sebuah brand perusahaan yang menawarkan kamu untuk melakukan sesi pemotretan saat kamu travel bersama fotografer lokal selama dua jam. Jadi yang foto kita itu orang sana, saya ga bawa fotografer dari Indonesia. Disini tim Sweet Escape berperan seperti agensi yang sudah menyeleksi dan menjadi pihak perantara kita dengan fotografer.

Sebetulnya bisa juga kamu cari sendiri fotografer lokal tempat tujuan kamu akan pergi, namanya era komunikasi digital sudah sebegitu memudahkan kita. Tapi poin penting yang amat saya dulu khawatirkan adalah keamanan. Membayangkan pergi bersama orang asing ke tempat yang kita tidak tahu buat saya resikonya begitu besar. Jadi saya memilih untuk mencari pilihan teraman dengan hasil yang sudah teruji.


Tiba tiba saja beberapa bulan lalu ibu saya meminta saya untuk mengantar pergi berlibur ke Turki, tentu salah satu hal yang langsung terlintas dalam pikiran saya adalah booking satu sesi foto bersama mereka di salah satu kota terindah yang jadi impian saya, Cappadocia! bersama balon udara. Saya mulai download aplikasi Sweet Escape dan cek rate serta mulai berhitung ternyata biaya yang keluar lumayan ya. Saat itu saya masih maju mundur untuk book satu sesi bersama mereka.

Di tengah proses saya masih berpikir memutuskan untuk mengambil atau tidak, tiba tiba saya melihat review mbak Fifi Alvianto saat melakukan sesi foto bersama Sweet Escape saat liburan di Korea and i was so stun. Mulailah saya galau…dan kemudian yang membuat saya makin galau saat adik saya mengirimkan foto salah satu klien mereka di Instagram Sweet Escape saat melakukan sesi foto di kota yang saya impikan Cappadocia! The photo was sooooooo magical and beautiful.

Saya sampai terlibat obrolan serius dengan adik bungsu saya ini, kebetulan emang dia travel addict jadi saya dapat banyak masukan sampai kami berdua sampai pada satu kesimpulan bersama :

This is my first traveling abroad to my dream place. The place is sooo beautifull that we need extra effort to take it beautifully. And one for sure, I WILL NEVER KNOW WHEN I WILL HAVE SUCH OPPORTUNITY”

Maka dengan tekad bulat saya booked satu sesi and surprise my mom (please dont tell her the number or she would kill me haha). Selama proses kerjasama jujur saya begitu terkesan dengan ketangkasan team Sweet Escape dalam membantu saya dan mencoba memberi solusi bersama atas setiap kendala dan keraguan yang saya hadapi. Salah satunya saat saya mencoba pertama kali untuk book dan gagal tiba tiba saya mendapat pesan lewat whatsapp yang menawarkan bantuan jika saya punya problem dalam proses booking.  Dan bahkan saya dapat kesempatan wawancara bersama Rappler id tentang pengalaman pertama sama mengabadikan perjalanan saya ini (wah saya senang banget dapat kesempatan ini), yang belum baca bisa baca di sini ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bottom line is sebetulnya ukuran mahal atau ga, perlu atau tidak kembali ke individu masing masing dan kebutuhannya. Buat saya pribadi yang memang punya blog dan senang fotografi ini adalah salah satu kesempatan emas dan content yang menarik untuk di bahas. Dan memang saya tidak menyesal sedikitpun sudah melakukan sesi foto bersama Fotografer pilihan tim Sweet Escape malah kepikrian pengen booking lagi kalau satu saat punya rejeki pergi ke tempat impian lain.

 

Beberapa tips dan trick untuk kamu yang mau coba sewa jasa fotografer travel kaya saya

  1. Pilih destinasi yang sulit dicapai orang atau gak banyak orang tahu dan bisa capai. Misal kaya cappadocia ini fotografer saya punya dan tahu lokasi ideal yang ga mungkin dicapai sama turis. Kalau ambil foto kaya di taman (Emirgan juga bagus) tapi bisa jadi foto kita ga jauh beda sama touris kebanyakan cuma beda di kualitas edit dan komposisi tapi tetep orang bisa ikutin hihi. Karena kita mengeluarkan effort dan biaya lebih maka tentu kita pengen foto yang hasilnya pun beda.
  2. Be prepare for anything. Seperti kebanyakan orang Turki fotografer saya juga ga begitu bisa Bahasa Inggris jadi agak sulit ice breaking tapi mereka bekerja super profesional cuma ya itu terbatas di komunikasi.
  3. Komunikasikan hal teknis sedetail mungkin, kaya waktu saya jadi kita janjian di satu meeting point tapi karena sama cuma sama mama berdua dan kita kejar sunrise dan saya beneran blank dan ga punya akses info apapun jadi saya minta tolong untuk dijemput sama fotografer dan diantar kembali ke tempat dimana grup tour saya berada. 
  4. Bawa outfit semaksimal mungkin yang tak memberatkan koper kamu tapi tre chic buat dipake foto karena hasil fotonya sekelas Rio Motret kali ya kalau di Indo jadi kalau tempat udah nendang fotografer keren kayaknya mubazir gitu kalau bajunya ga maksimal.
  5. Enjoy your session. Inget kamu mungkin gatau kapan lagi  bisa dapat kesempatan yang sama jadi maksimalkan. Daaaan selamat mengagumi hasilnya.

 

See you on another trip!

 

Love,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *