Petite Second Room

Amankan Income dan Sumber Pemasukan Di Masa Pandemi Karena Tidak Semua Orang Seberuntung Kamu

Financial Plan

Pembahasan ini datang secara tak sengaja saat saya sedang berselancar di social media. Saat itu saya mampir lamannya Mbak Hanzky founder Female Daily saat membahas “Secure your income di masa pandemi” dan seketika tertegun. Untuk kita yang tidak begitu terdampak seyogyanya berbenah jangan sampai lengah karena tidak semua orang seberuntung kita, “Mengamankan” dan mengelola sumber penghasilan yang ada salah satunya.

Bukan cerita baru di tahun 2020 banyak perusahaan raksasa menyatakan bangkrut, tempat makan semewah Ta Wan dan Pizza Hut turun ke jalan mencari pembeli supaya fix cost mereka tertutup selama masa pandemi ini. Dan tentu PHK massal yang terus bertambah angkanya.

Jujur saya gak mau lagi menambahkan hal hal buruk di daftar hal yang sudah terjadi sepanjang 2020 supaya otak kita gak terlalu stres (dan semoga memang di dunia nyata tidak bertambah). Namun tidak ada salahnya untuk lebih berhati hati, beberapa hal yang perlu kita perhatikan yaitu :

Mengamankan sumber penghasilan itu penting di masa sekarang, bagaimana mempertahankan pekerjaan atau bersiap dengan calon penghasilan sampingan. Semuanya harus dipikirkan matang. salah satu kunci yang bisa kita andalkan adalah menjadi peka dan bersiap melihat peluang. Karena tidak sedikit yang malah dapat penghasilan tambahan dan bisa bertahan di masa pandemi dari membaca kebutuhan pasar. Semangat!

Mengapa dana atau proteksi kesehatan menjadi prioritas kedua? karena di masa covid ini jika (amit amit) skenario terburuk kita terinfeksi covid-19 dana yang harus dikucurkan tidak murah berdasarkan banyak sumber teman teman yang sudah pernah bermukim di wisma atlet. Serta perlu dipertimbangkan sakit adalah salah satu cobaan berat di masa serba terbatas ini. Oleh karenanya ada baiknya mempertimbangkan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan kemampuan (memaksimalkan bpjs salah satunya). Atau jika karena satu hal dan lainnya tidak bisa mengambil asuransi, mengalokasikan sejumlah dana untuk proteksi kesehatan perlu dipertimbangkan. Jika dana terbatas utamakan proteksi untuk pencari nafkah. Bisa dialokasikan di dana darurat dengan jumlah yang lebih besar, tapi pertimbangkan juga inflasi karena biaya rumah sakit makin meningkat seiring waktu.

Dana darurat adalah uang yang tersedia dan mudah diambil sewaktu – waktu Anda membutuhkannya. Pos dana darurat jadi solusi untuk kebutuhan yang tidak disangka-sangka, emergensi, yang memerlukan penanggulangan segera. Kebutuhan mendesak ini umumnya bersifat musibah, seperti sakit, kecelakaan, serta kerusakan pada rumah.

Sumber : Tips Dana Darurat 2019 2020 (Cara Menyimpan, Berapa Jumlahnya)

Pengumpulannya bisa dilakukan dari tabungan rencana tiap bulannya dengan target tertentu sesuai kondisi, Pertimbangkan juga inflasi yang bisa terjadi di masa depan dimana nilai uang yang kita miliki saat ini bisa jadi berkurang di masa depan.Tips aku pribadi membagi sebagian dana darurat ke bentuk logam mulia kebetulan memang bidang usahaku di emas dan logam mulia.  

Saatnya untuk lebih selektif dalam mengelola hasil kerja keras, nikmati hari ini tanpa lupa hari esok. Kurangi cicilan yang tidak perlu seperti belanja barang barang leisure yang sebenarnya tidak terlalu penting urgensinya kecuali cicilan rumah tinggal atau kendaraan untuk pergi bekerja yang memang termasuk kebutuhan utama. Upayakan jika memang menggunakan kartu kredit ubah fungsinya sebagai alat bantu pembayaran (biasanya untuk mendapatkan potongan harga reward atau penawaran special) tapi lunasi segera. Sudah tau kan cerita viral orang yang minta bantuan karena tidak sanggup bayar cicilan?

Ini salah satu tips yang aku lakukan saat ini, membeli barang barang yang nilainya bertambah seiring waktu, kalau aku pribadi memilih logam mulia. Kenapa demikian? detailnya bisa baca di sini. Jika kamu punya rekomendasi lain benda atau aset yang nilainya terus bertambah dan mudah dicairkan silahkan sharing ya.

Kalau teman teman punya ide hal yang perlu dilakukan di masa pandemi ini boleh share di kolom komentar ya teman teman. Tulisan ini sekaligus kolaborasi saya dengan teman teman Bandung Hijab Blogger

Salah satu nikmat termahal saat ini adalah nikmat sehat, tetap jangan kendor patuhi protokol kesehatan saat bepergian ya teman teman. Dan jangan lupa tetap mempraktekan gaya hidup sehat dan pikiran positif. Stay Safe Stay Healthy 

Salam Hangat

Exit mobile version