Beauty

LIMA KEBIASAAN BARU YANG BIKIN BADAN LEBIH SEHAT

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk bercerita tentang perubahan apa yang sudah dilakukan selama setahun terakhir, tapi tentu saya menunggu waktu yang tepat untuk sharing karena intinya berubah bukan untuk memberikan impresi positif buat orang lain tapi lebih kepada perubahan yang lebih baik untuk diri sendiri.

Awakening moment saya soal kesehatan dimulai saat seorang teman yang usianya masih muda (kurang lebih seusia saya di akhir 20an) bercerita bahwa dia divonis dokter menderita kanker payudara di saat dia masih menyusui bayinya saat itu. 

Begitu kaget dan sedihnya saya saat itu melihat begitu berat cobaan yang harus dijalani teman saya, ternyata ujian kesehatan tidak mengenal usia. Muda bukan berarti selalu sehat.  Meskipun profesi saya sebagai apoteker terlibat banyak dengan obat obatan dan alat kesehatan tapi jujur saya memilih semuanya hanya terbatas di pekerjaan dan tidak sampai saya gunakan (semoga). 

Selama satu tahun akhirnya saya memaksa diri saya untuk berubah menjalani pola hidup lebih sehat. Kalau saya mengingat selama 2017 sebelum saya memutuskan lebih untuk lebih concern terhadap kesehatan pribadi saya merasa sangat mudah sakit apalagi saat kecapean. Kalau dulu saat masa kuliah jika harus bepergian atau mengerjakan banyak hal dan dikejar deadline, badan saya malah tergolong bandel, paling banter ngantuk atau ketiduran di bus setelahnya masih bisa dipaksa begadang dan mengerjakan berbagai tugas dan project. Sekarang?boro ya pulang bepergian aja bawaanya harus pijitan dan biasanya istirahat sehari karena terserag flu. Kayaknya ada yang gak beres sama badan saya.

Karenanya di awal tahun saya mulai membuat rencana hidup lebih sehat dan 5 tipsnya akan saya bagi buat kalian yaitu

1. Jangan lewatkan sarapan

 

 

Dari semenjak menikah saya sadar saya punya kebiasaan yang bersebrangan dengan suami, suami selalu rewel dengan sarapan dan mengharuskan saya mengkonsumsi menu padat gizi sempurna. Sementara saya suka asal asalan saat sarapan dan bahkan banyak waktu melewatkannya. Jadi kebiasaan kecil yang coba saya ubah adalah mengutamkaan sarapan di pagi hari.

Karena memang saya suka bingung mau sarapan apa setiap pagi karena picky eater, setahun terakhir saya coba beralih sarapan sehat Herbalife. Kebetulan kakak saya coach Herbalife tips kesehatan dan konsultasi bisa cek disini atau disini atau ke saya juga sih wkkw.

Setiap orang yang tahu saya mengkonsumsi Herbalife pasti tanya mau sekurus apalagi padahal justru poin saya ikut sarapan sehat ini karena ingin lebih sehat dan badan lebih segar urusan berat badan dan bentuk ya senyamannya saya. Mungkin karena Herbalife identik dengan program penurunan BB padahal inti produk mereka adalah asupan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan kok brand super food atau suplemen atau program diet padat gizi yang bisa kamu ikuti kalau saya ya Herbalife ini dan saya mendapatkan banyak manfaat dalam setahun ini, salah satunya stamina yang luar biasa.  Badan saya luar biasa bandel sekarang dan gak gampang sakit.  Yang penting konsisten dan sesuaikan dengan budget, kalau belum mau pake produk tambahan masak sendiri di rumah pun gak masalah kok yang penting kamu tahu bahwa apa yang kamu konsumsi baik untuk tubuh.

Intinya yang ingin saya bilang jangan pernah skip sarapan, it’s the first thing you need to do before anything else. Kaya mesin yang mau dipake kamu harus pastikan bahan bakarnya cukup untuk digunakan begitu pun dengan badan.

 

2.Minum Minum dan Minum

 

 

Jujur urusan minum masih jadi peer saya juga sampai saat ini tapi paling tidak sekarang saya lebih aware sama urusan minum jadi saat ingat saya akan minum. Sering kita diingatkan bahwa setiap hari kita harus minum minimal 8 gelas sehari

(((minimal)))

Jadi lebih banyak lebih baik. Ada beberapa alasan orang malas minum apalagi saat bekerja. Alasan pertama dan yang utama adalah : beser, padahal salah satu indikasi badan yang sehat adalah perputaran air yang baik dalam tubuh artinya ginjal kamu dibiarkan bekerja dengan baik.

Tapi pada prakteknya memang bulak balik kamar mandi itu ngebetin apalagi kalau kita sedang bekerja dan kamar kecilnya jauh. Salah satu trik yang biasa saya gunakan adalah managemen waktu minum air,  8 gelas bisa dibagi menjadi 2 gelas setelah bangun tidur 2 gelas sebelum makan siang 2 gelas setelah makan siang 2 gelas sebelum tidur, kalau bisa lebih banyak lebih bagus. Selain itu saya mengurangi minum saat sedang dalam perjalanan dan kemungkinan sulit mendapatkan akses toilet tapi kemudian minum lebih banyak air saat transit, intinya managemen waktu saja.

Dan rasakan efek lebih baik ke badan dan kulit secara bersamaan. Saat kamu tidak bisa menggunakan krim jutaan atau tindakan dokter yang mahal salah satu trik terbaik untuk kulit yang sehat adalah minum yang banyak.

3. Find your playground

Awal tahun 2018 saya memutuskan untuk lebih rutin berolahraga, karena sebelumnya selalu on off (sampai sekarang sih masih suka on off gitcu…) jadi carilah pertemanan sehat dimana teman kamu sangat menyukai olahraga sehingga kamu bisa terbawa disipilin, jadi ga bolos bolos amat hehe. Dan temukan olahraga atau latihan yang cocok untuk kamu.

I find my true happiness trough yoga.

Hampir setahun menjalani yoga dan saya baru sadar this exercise is definitely for me, karena ternyata setelah menjalani banyak latihan saya gak sadar kalau saya punya fleksibilitas alami yang terbilang bagus sehingga saat melakukan berbagai gerakan hingga peak pose saya merasa super enjoy. Tapi tentu yoga mengenalkan kita pada keterbatasan tubuh kita dan saya pun memiliki keterbatasan saat berusaha melakukan pose tertentu. Tapi kemudian keterbatasan itu saya berusaha ubah menjadi tantangan untuk dikalahkan. 

Jadi saran saya cari olahraga yang benar benar kamu suka dan teman yang bisa bikin kamu semangat olahraga.

Untuk kamu yang mengikuti perkembangan yoga journey saya dan berminat ingin coba yoga juga saya sarankan latihan di bawah pengawasan pelatih atau bergabung dengan sanggar profesional karena meskipun gerakannya nampak sederhana terbilang agak berbahaya apalagi kalau dilakukan dengan salah bisa fatal akibatnya. Ada banyak olahraga fun di luar sana yang bisa kamu lakukan kok dan variatif gak selalu yang harus berbayar. Salah satu favorit saya jalan santai atau hiking ringan di hari libur selain murah membuat pikiran segar.

 

4. Kunjungan rutin ke dokter dan Medcheck

Saya tahu bagian ini bagian yang amat jarang orang perhatikan.

Be friend with your doctor even you take an apple a day.

Jangan cuma datang saat sakit tapi datanglah juga untuk melakukan pemeriksaan rutin, beberapa dokter yang suka saya kunjungi untuk sekedar pengecekan diantara

Dokter mata. Karena mata saya rabun jauh dan makin tahun makin besar minusnya gara gara saya ga betahan pake kacamata biasanya saya memaksaka diri untuk memeriksakan minus mata saya max setahun sekali ke dokter untuk tahu perkembangan kemampuan penglihatan saya. Dan penting untuk memilih dokter mata yang betul betul teliti dalam mengukur kemampuan kita melihat. Dokter favorit saya di Bandung dr Laksmi Boesoiro praktek di sebrang Taman Lalu Lintas Bandung karena beliau sangat teliti dalam memeriksa mata sampai saya tahu bahwa bahkan dalam pembuatan lensa kacamata kadang terjadi kesalahan pengukuran yang pada akhirnya membuat pasien merasakan banyak keluhan setelah menggunakan kacamata baru. Jadi beruntunglah kalian yang matanya normal tanpa gangguan atau kelugan, jangan lupa  pertahankan dengan melakukan banyak kebiasaan baik untuk mata kalian. Untuk yang punya keluhan seperti saya jangan lupa rutin periksa ya.

Dokter Gigi. Dulu cuma didatangi kalau sakit gigi atau harus cabut kemudian ramai sangat oleh para abege yang ingin pasang behel dan sekarang mulai banyak didatangi oleh mahmud yang mau pasang veneer. Begitulah perkembangan dokter gigi di mata saya sebagai pasien hihi. Saya pun mengalami kok momen bulak balik dokter gigi kontrol behel, sekarang sama bulak balik tapi untuk scalling setiap 4 atau 6 bulan sekali (belum ke masa pasang veneer budgetnya belum cukup haha). Saya itu punya keluhan gampang tumbuh karang gigi jadi untuk menjaga kesehatan mulut biasanya sekitar 4-6 bulan sekali saya datang ke dokter gigi untuk scalling dan pemeriksaan rutin supaya kalau ada calon lubang bisa segera ditambal.

Dokter Kandungan. Ini mungkin untuk perempuan saja ya, menurut saya amat penting menjalin hubungan baik dengan dokter kandungan karena masa kini  ancaman penyakit organ reproduksi makin berkembang apalagi bagi perempuan. Biasanya selain konsultasi program kehamilan dan kontrasepsi saya juga mencoba rutin pap smear, kalau tidak salah ada juga kok program pemerintah pap smear gratis. Intinya lebih baik menjaga daripada amit amit setelah harus diobati.

 

5. Happy mind happy soul

Berbicara soal kesehatan tidak selalu tentang badan tapi juga jiwa dan pikiran. Selain melatih badan, intake nutrisi dan  kebiasaan baik kita juga perlu memperhatikan kesehatan mental.

Make peace with yourself, be with your family, do whatever it takes to make you happy.

 

Penting lho untuk sekedar merasa bahagia dan berharga. Dan punya waktu me time atau memanjakan diri sekali waktu bukan kejahatan kok malah amat diperlukan. 

 

Selama 2018 saya mencoba berubah menjadi pribadi yang lebih mencintai diri sendiri, lebih mementingkan kebutuhan tubuh karena tanpa tubuh yang sehat pikiran yang tenang sangat sulit untuk kita beraktifitas, menjadi produktif dan mencapai semua tujuan yang sudah kita rancang.

Dan satu lagi dengan tubuh yang sehat sangat mempengruhi bagaimana kita menua. Saya pribadi ingin menua dengan indah seperti Jlo atau Cindy Crawfood atau Sandra Bullock atau kalau artis lokal saya begitu takjub melihat Sophia Latjuba atau Dian Nitami. Dan satu kesamaan dari semuanya adalah mereka menjalani pola hidup sehat dan olahraga teratur dan utamanya mencintai diri sendiri.

Salam sehat selalu buat kalian semua.

Love,

19 Comment

  1. Waaaa yg #4 belum aku terapiiin. Wah jd keingetan nih, kynya aq kudu cek mata deh soalnya udh rada2 nambah burem klo ngeliat yg jauh hehe…

  2. Olah raga itu memang bikin happy dan bugar bawaannya positif aja jd lebih calm juga olahraga apa pun itu apalagi yang cocok ke badan ya. Aku sekarang sering olga dan alhamdulillah cocok gak sakit badan setelahnya dan jd enak aja ringan ke tubuh. Setuju bgt nih

  3. Ku baru tau teh bisa terjadi kesalahan pengukuran lensa kacamata, pantesan kemarin aku baru pertama kali pake kacamata tp rasanya pusing bgt terus dari optiknya bilang kalo itu krn blm terbiasa. Tapi sampe skrg masih suka pusing huhu. Thankyou teh tipsnya bermanfaat bgt nih

  4. Terpenting happy mind happy soul! Kesehatan jiwa juga harus diperhatikan. Btw, aku pernah ikutan kelas yoga tapi susah krna tubuh gak fleksibel haha.. Tp udahnya enakkk banget ke badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *