Beauty

RUTINITAS PERAWATAN KULIT YANG GAK BOLEH KAMU LEWATKAN DI PAGI HARI

Okey mari kita berbicara jujur soal realita persiapan pagi hari

Sebanyak apa waktu yang kamu punya untuk bersiap di pagi hari?

Apalagi untuk yang sudah punya anak dan suami ?

Untuk banyak orang perawatan kulit di pagi hari sering terlupakan karena waktu yang sempit dan utamanya bingung emang perlu ya? dan kemudian kita fokus ke makeup karena memang kebutuhan siang itu tampil prima dan cantik karena harus ketemu banyak orang. Padahal di balik makeup paripurna ada canvas sempurna yang harus kita jaga kualitasnya, ya kulit kita!

Logikanya kalau perawatan kulit di malam hari membantu kamu mengatasi masalah pada kulit sebelum proses regenerasi saat tidur, perawatan di siang hari lebih kepada perlindungan dan persiapan untuk kulit dipoles make up dan tentu bertemu banyak hal di luar sana (sinar matahari, debu, polusi dsb).

Ada banyak “aliran” dalam bagaimana kita melakukan perawatan kulit, salah satunya yang sedang hits adalah tahapan perawatan kulit ala orang Korea. Ada sekitar 8-10 tahapan yang harus kamu lalui demi mendapatkan kulit seindah orang Korea.

Yakin punya waktu sebanyak itu? haha

Well then saya akan kasih kamu beauty hack untuk bisa melakukan perawatan kulit di pagi hari tanpa menyita banyak waktu. Kalau sebelumnya saya pernah share perawatan harian untuk malam hari (yang belum baca bisa buka di sini.). Setelah banyak ditanyain (berulang ulang) soal pake skincare apa, kali ini baru punya kesempatan buat share lagi. Disclaimer skincare yang saya gunakan sering berubah bergantung suasana hati dan kebutuhan hihi karena ada masanya kulit kita jenuh dan gak menunjukan perubahan signifikan kalau kita menggunakan satu skincare dalam waktu yang lama. Tapi di lain sisi kita pun harus hati hati saat mencoba produk baru karena salah salah bisa menimbulkan masalah baru kaya jerawat. 

Sebetulnya saya pengen juga cerita struggling saya sama jerawat setahun terakhir tapi kayaknya di postingan berbeda (tunggu tanggal mainnya hihi) oleh karenanya semua produk yang saya gunakan sampai saat ini semua atas resep dan rekomendasi dokter kulit pribadi saya tapi langkah dan prinsipnya bisa kamu ikuti. Soal produk apa yang digunakan bisa kamu sesuaikan sendiri dengan budget dan kebutuhan kulit kamu nanti saya bantu rekomendasi produk yang menurut saya bagus juga di postingan kali ini. 

1. Pembersihan

Setelah semalaman kulit menggunakan berbagai produk perawatan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkannya. Beberapa orang senang menggunakan produk pembersih tambahan seperti susu pembersih, cleansing balm atau  cleansing oil (kalau produk yang kamu gunakan malam hari berbasis minyak).  Kalau saya pribadi lebih suka langsung mencuci muka dengan sabun, nah tips saya pilih sabun yang mengandung sedikit detergen supaya muka tidak kering. Ciri ciri produknya tidak berbusa heboh saat digosok. Upayakan menggosok dulu sabun muka di tangan sebelum kamu menggunakannya ke seluruh area muka dan leher supaya sabun bisa bekerja dengan lebih baik dan kamu tidak banyak membuang produk. Rekomendasi saya pH isohex kalau kulit sedang berjerawat. Jika kulit sedang ada pada kondisi normal bisa coba Kiehls Ultra Facial Cleanser untuk kulit super moist. Kadang saya pakai juga sabun muka Ponds Pure White supaya pembersihan lebih mendalam tapi karena menurut saya produknya lumayan banyak kandungan detergennya jangan heran kalau setelah cuci muka suka terasa agak kesat karena agak kering.

 

     

 

 

2. Krim Jerawat

Ini opsional sih…kalau saya masih menggunakan krim jerawat pagi dan malam hari (masih pakai produk dan resep dari dokter kulit prbadi). Dalam urutan skincare, krim yang sifatnya mengobati baiknya digunakan di awal supaya terserap sempurna, Kalau kamu pake eye cream gunakan eye cream di tahapan pertama seperti obat jerawat. Berikan jeda 1-2 menit supaya produk menyerap betul sebelum ditimpa produk lain. Sebetulnya saya agak sulit menemukan obat jerawat yang betul betul bisa bikin jerawat kempes dan mengering selain obat jerawat dari dokter setelah saya pelajari ternyata bahan aktifnya kembali ke alam : sulfur! Rekomendasi saya yang pernah saya coba Mario Badescu Drying Lotion tapi saya lebih rekomendasi untuk malam hari saja kalau jenis lotion seperti ini.

 

 

3. Toner

Banyak orang menyepelekan keberadaan toner, padahal toner adalah lapisan pertama yang menyentuh kulit kamu menyeimbangkan pH kulit dan memberikan kelembaban pada kulit. Biasanya kalau saya pribadi lebih senang menggunakan toner langsung pake tangan atau disemprot langsung ke muka kaya spray tanpa kapas. Pertimbangannya karena selain menghindari potensi iritasi akibat penggunaan kapas (kalau kamu tekan terlalu keras) untuk beberapa produk apalagi yang harganya mahal saya kayaknya sayang aja kalau produk terserap ke kapas dan terbuang hihi.

 

 

 Kalau toner jujur saya banyak dapat merk favorit di luar yang dokter saya resepkan karena paling banyak saya coba. Merk favorit saya yaitu Pixi Glow Tonic versi lebih terjangkau kamu bisa pakai The Ordinary Glycolic Acid tapi gak tahu kenapa menurut saya Pixi lebih juara haha. Dan satu lagi SKII FTE.

 

 

 

 

 

4. Serum 

Banyak orang menghindari serum karena harganya padahal serum adalah salah satu produk powerfull dan memberikan manfaat signifikan pada kulit. Sedikit saja bisa memberikan manfaat besar karena memang isinya adalah konsentrat. Biasanya penggunakan serum cukup sebesar biji polong untuk seluruh wajah dan leher dan sekali kamu beli bisa dipakai hitungan bulan bahkan tahun baru habis. Merk favorit saya Kiehls Daily Reviving Concentrate atau yang lebih terjangkau Nacific Phyto Niacin.

5. Mosturizer

Kelembaban kulit adalah kunci dari semua tampilan kulit paripurna yang banyak orang idamkan. Jadi satu hal yang tak boleh terlupa adalah pelembab. Saya lebih suka pelembab siang yang berbasis air karena tidak lengket dan mudah menyerap di kulit jadi tidak meninggalkan lapisan di kulit setelah pemakaian. Merk favorit saya The Body Shop Vitamin E Moisture Cream dan Nature Republic Aloe Vera Gel.

 

     6. Sun Protection

Satu hal yang tak boleh terlupa di pagi hari adalah adalah SPF. Kalau dibahas kegunaannya wah bisa habis satu postingan ini hihi. Kalau dulu kebanyakan sun block itu lengket dan tebal sekarang banyak brand yang menawarkan produk sun protection yang mudah diserap kulit dan tidak lengket. Kalau kamu hanya punya satu produk untuk dipilih di pagi hari saya sarankan sunblock yang harus kamu gunakan. Merk favorit saya Wardah Sunscreen Gel! kenapa? karena bentuknya gel super cepat nyerep ke kulit hihi.

 

 7. BB atau Foundation

Nah ini optional ya, ada orang yang merasa cukup percaya diri dengan tampilan kulit polos ada pula yang menginginkan tampilan makeup yang lebih nyata dan sedikit koreksi sana sini. Untuk mengkoreksi warna kulit kamu bisa gunakan bb atau foundation yang aman digunakan setiap hari. 

 

Kebetulan sekarang ini untuk sehari hari saya pakai foundation dari dokter yang menurut saya hasilnya setara saat menggunakan foundation Dior Forever Skin yang fenomenal itu. Tapi sebelumnya saya setia sama Laneige BB Cushion too much love buat produk ini dan utamanya super ekonomis untuk dipakai harian. BB Cushion terbaru yang betul – betul bikin saya penasaran untuk coba yaitu Wardah dan Pixy tapi karena saya lagi dalam mood super hati hati next time ya saya baru bisa coba hehe. Yang udah coba boleh share di kolom komen racun lainnya.

Setelahnya yah silahkan masuk ke tahap dekoratif dimana kamu bisa berkreasi sesuai selera tampilan seperti apa yang ingin kamu buat hari ini. Yang terpenting di balik pulasan makeup yang kamu gunakan sehari hari kamu tak lupa memberikan nutrisi yang cukup supaya kesehatan kulit terus terjaga. Karena sebaik baik makeup adalah kulit yang sehat. Nah buat yang penasaran penampakan produk yang saya pakai bisa kamu lihat di bawah ini (minus sunblock yang saya lupa foto).

 

Dan satu hal lagi yang terpenting dari menggunakan skincare, pastikan kamu memberikan jeda waktu yang cukup dari satu produk ke produk yang lain supaya produk terserap sempurna.

Satu langkah tambahan, rahasia yang akan saya bagi buat kalian. Untuk special occasion my secret weapon to super flawless makeup : Mask on!. Favorit saya Glam Glow Tingling & Exfoliating Mud Mask. Saya pakai pagi abis shalat subuh (intinya supaya ada jeda ke waktu pakai makeup) atau malam harinya. Sebelumnya kalau kamu mau coba tips saya ini, pastikan kamu sudah mencoba jauh – jauh hari sebelum hari penting kamu untuk memastikan bahwa produk ini cocok dan tidak menimbulkan alergi atau reaksi apapun ke kulit kamu. Kalau kamu cocok dengan produk ini WELCOME TO THE CLUB hahahha

 

Dan by the way postingan kali ini special saya buat dalam rangka kolaborasi saya dengan teman teman Bandung Hijab Blogger, kamu bisa baca banyak racun dan rahasia daily skincare dari teman teman BHB lainnya juga. Salah satunya di sini. I hope you enjoy it like i do.

 

Thanks for reading.

Love,

18 Comment

    1. ini perjuangan teh setelah sebelumnya aku struggling sama jerawat huhu. Pixi kece banget tapi harganya lumayan. tapi abis sebotol asa biasa makanya diselang sama yang lain hehe kalau udah abis hehe

    1. wkwkkw melalui perjuangan teh ini juga sebelumnya sempat jerawatan parah gara2 coba2 happy to share with you hehe

    1. hahahha aku jadi geer teh nanti aku share di postingan berbeda ya teh struggling aku sama jerawat. memang sekarang rasanya kondisi kulit terbaik berkat dokter sih kataku hii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *