Site icon Petite Second Room

Bolehkah Menggunakan Kosmetik Dan Skincare Selama Hamil?

Halo semua…

Sesuai janji mumpung saya dalam masa kehamilan mau coba bahas beberapa topik terkait yang selalu menghantui para calon mama.

Boleh gak sih selama hamil tetap pake perawatan wajah dan makeup?

 

Produk mana aja yang boleh digunakan selama hamil?

 

Jujur ya hamil atau nggak urusan skincare dan makeup itu kembali ke kenyamanan dan keyakinan masing masing pribadi. Nah buatku pribadi karena menggunakan skincare dan makeup adalah bagian dari Self Love dimana aku merasa perlu memperhatikan dan sayang sama diri sendiri selain ngurus orang lain (salah satunya bayi mungil yang tumbuh dalam perut ini).

Sebetulnya rutinitas yang saya lakukan sebelum dan selama hamil tidak jauh berbeda. Karena sejak hamil pertama saya jadi keterusan pake produk produk vegan yang yang aman buat bumil dan busui. Jadi saat sekarang hamil kedua tidak begitu banyak produk di rumah yang saya ganti.

Beberapa prinsip dasar yang menurut saya perlu kita ketahui untuk tetap cantik dan terawat tapi tidak membahayakan keselamatan bayi mungil dalam perut kita yaitu :

1. Cek kembali zat zat yang tidak diperbolehkan digunakan selama hamil dan menyusui.

Untuk memudahkan pemilihan produk karena kecocokan produk dengan individu itu amat personal, saya lebih senang untuk memberi clue zat zat apa yang tidak boleh ada dalam produk yang kita gunakan selama hamil (dan menyusui). Sebetulnya ada banyak banget zat yang tidak boleh ada dalam produk selama kita hamil TAPI untuk memudahkan di bawah ini ada rangkuman zat umum yang tidak boleh digunakan.

Sumber : www.tomakemommy.com

Bukan saja dalam produk rambut sebetulnya tapi juga produk untuk badan maupun wajah. Jadi mulai cek lagi ya buibu zat yang terkandung dalam produk yang digunakan.

2. Mulai sortir dan pilih produk dan rutinitas skincare yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan selama hamil.

 

Sumber : www.skincarebyalana.com

Info di atas saya ambil dari skincarebyalana karena kurang lebih menjelaskan bagaimana pemilihan skincare yang cukup aman selama hamil. Sebetulnya kalau kamu pasien klinik kecantikan kaya saya yang gamau banyak mikir hehe begitu kita mengkomunikasikan bahwa kita sedang hamil atau bahkan dari masa kita promil dokter dan klinik tempat kamu biasa berkunjung akan melakukan penyesuaian treatment dan produk.

Namun tentu beda hal jika kamu memang tidak melakukan perawatan rutin dan memilih untuk menggunakan produk bebas di pasar pilihan kamu. Nah prinsip dasarnya kalau kamu sudah coba untuk review kembali bahan bahan yang terkandung dalam produk yang kamu gunakan adalah

Jika kamu ragu akan keamanan produk yang kamu gunakan sebaiknya kamu tidak menggunakan produk tersebut dan mulai mencari produk alternatif lain yang lebih aman untuk kondisi kamu.

 

Selama hamil ada beberapa treatment yang tidak diperbolehkan seperti laser, peeling, whitening, pemulihan melasma/flek. Kehamilan hanya mengambil 9 bulan dari waktu kamu hidup jadi bersabarlah selama proses kehamilan ya buibu. Insha allah kita sedang berkorban untuk sesuatu yang lebih berharga 🙂

 

Dan hal tersering terjadi selama hamil adalah hal hal ajaib di luar nalar dan kadang kemampuan kita, ada ibu hamil yang tiba tiba selama hamil harus menghadapi jerawat dan kulit kusam namun ada juga ibu hamil yang malah kondisi kulitnya lebih sehat selama hamil dan tentu ada juga yang kondisi kulitnya tetap tidak berubah dari sebelum dan sesudah hamil. Intinya semuanya bersifat sementara karena hormon adalah hal yang paling sulit ditebak dan terutama ada manusia kecil yang meminta waktu kita sebentar untuk “numpang” tumbuh yang karenanya kita harus sangat hati hati dalam melakukan apapun.

Selain skincare tentu makeup memegang peranan penting dalam penyesuaian selama hamil apalagi untuk mereka yang tidak bisa hidup tanpanya. Kembali ya saya ingatkan semua penyesuaian ini hanya bersifat sementara kok prinsipnya pun sebetulnya kurang lebih sama dengan pemilihan skincare.

Hati hati juga untuk melakukan beberapa ritual kecantikan yang cukup beresiko seperti cat rambut dan sulam alis. Sebetulnya boleh boleh saja selama prosedurnya betul betul terjaga tapi sering dokter tidak mau ambil resiko dan menyarankan ibu untuk bersabar. Believe me pregnant woman is beautifully radiant and mesmerizing 🙂

 

Sumber : Healthy Chid Healthy World

 

3. Jadi pilih produk yang mana?

Nah kalau mommy sudah tahu prinsip dasar dalam keamanan skincare dan kosmetik yang digunakan kini mungkin pertanyaan sudah mulai mengerucut

Jadi skincare merk apa dong yang aman? Makeup mana yang aman? Treatment mana dong yang boleh dilakukan?

Berbeda dari kehamilan pertama kehamilan kedua semua skincare saya tok menggunakan produk dokter kecantikan saya jadi mohon maaf bukan pelit gamau share tapi purely ga seru hihi.

 

Produk yang aku gunakan selama hamil

Untuk kamu yang gak pake produk klinik tertentu clue yang termudah untuk saya gunakan dalam memilih brand selama hamil adalah pilih brand yang vegan, cruelity free dan peduli lingkungan. Beberapa bahkan tidak menggunakan pengawet kimia sehingga masa simpan produknya lebih pendek dibanding produk sejenis seperti Lush tapi tentu efektif dan jadi favorit banyak orang. Beberapa brand yang mengkhususkan diri ke produk vegan alami yang terkenal dan bisa jadi pertimbangan The Body Shop, Kiehls, L’occitane. Love Beauty and Planet untuk lokal ada Sensatia Botanica, Dewi Sri Spa. Ini produk yang saya ingat saat saya bikin tulisan ini ya kalau kalian punya rekomendasi lain boleh juga share di kolom komentar ya teman teman.

Selebihnya untuk produk brand umum saya berusaha untuk cek saja isi bahan yang terkandung satu persatu at least tidak mengandung zat zat yang tercantum di bagian pertama menurutku udah aman. Jangan lupa konsul dengan obgyn kamu juga ya untuk memastikan karena tentu beliau lebih tahu kondisi tubuh dan kehamilan kamu.

Nah mungkin segitu ya mommy sharing yang bisa saya berikan untuk pemilihan produk aman selama hamil. Semoga bisa membantu teman teman yang sama sama sedang hamil dan kebingungan untuk pilih produk mana yang aman. Tapi tentu sesuaikan dengan budget dan kondisi juga ya teman teman yang terpenting kita sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hati. Terakhir tentu perbanyak doa semoga kehamilan kita sehat dan lancar hingga masa kelahiran datang.

Have a wonderfull pregnancy journey mama.

Salam Hangat