Site icon Petite Second Room

How To Start A Blog?

This month is my blog birthday month!

So happy to share so many stories with you guys. It’s been four years since i launch my blog professionally.

Baca Juga : Welcome To My Petite Secondroom

Ini adalah foto fashion spread yang aku bikin pertama kali sama Fanzi empat tahun lalu, dan entah gimana udah klop sampai sekarang pun masih fanzi yang fotoin kebanyakan proyek pribadi maupun blog, Jadi dulu itu memang basicnya pengen bikin fashion blog kaya Brown Platform Song Of StyleBlonde Salad atau Blognya Dian Pelangi The Merchant Daughter yang sudah hilang dan Sketches of Mind yang lama. Intinya mereka membuat saya berani untuk bermimpi satu saat memiliki blog, fashion.

Singkat cerita saya punya blog, it’s really a confusing world for me actually since a really whole new world for me. There’s no single person in my inner circle who know how actually to start and do this kind of stuff. Jadi aku beneran modal nekat dan belajar dari 0. Belajar bikin materi foto, tulisan, brainstorm ide dan terutama disiplin menelurkan postingan. Untuk masalah disiplin saya salut sama Vivy Yusof dan Diana Rikasari gak perduli seberapa sibuk mereka tapi blog mereka bisa terus ada hingga sekarang.

Blog is art of articulating your mind your presentation, gak perlu sebagus majalah atau sekeren web tertentu it’s just need to be genuine and raw and be you.

Di edisi ulang tahun kali ini aku mau share info gimana untuk kalian yang tertarik memulai blog.

How to start a blog? How to blog?

Aku agak lupa apa pernah tulis tentang gimana cerita awal ngeblog apa belum. Tapi karena baru beberapa minggu lalu coba live talk sama Mae dan banyak banget yang tertarik soal gimana mulai ngeblog. Aku mulai tulis lagi ya.

Hal pertama yang aku bisa bilang untuk memulai ngeblog adalah tumbuhkan dulu konsistensi untuk menulis, entah itu tentang hal hal kecil dalam hidup, makeup, parenting, otomotif, fashion, apapun yang menurut kamu bisa kamu tulis dengan nyaman. Banyak teman teman yang sudah aku bantu hingga bisa mewujudkan punya blog tapi akhirnya berhenti di tengah jalan dengan bebagai alasan.

Yang kedua pelajari cara teknis dalam dunia blog, bersentuhan dengan teknologi. Ibarat bangun rumah kamu mulai belajar gimana bikin fondasi, dinding, atap sebelum kamu tata isi rumah dan penampakan rumah sesuai yang kamu ingin tampilkan dan tentu merawat dan meningkatkan penampilan dan performanya. Belajar mengenal domain, hosting, seo dan istilah istilah terkait blog. Sebetulnya kamu bisa saja kok bikin blog gratisan di platform seperti blogspot dan wordpress, silahkan main ke webnya dan langsung isi data yang diperlukan dan taraaa langsung jadi.

Tapi sebaiknya jika kamu ingin membuat profesi blogger lebih serius buat blog kamu TLD (Top Level Domain) ciri cirinya akhirannya .com atau .id dkk. Tapi karena masih proses belajar dikembalikan ke kebutuhan lagi sebetulnya tapi jika mampu dan mau lebih baik langsung ke TLD lebih banyak manfaat yang didapat dan gak cape pindah dua kali.

 

Tapi kali ini aku ga bisa jelasin banyak soal detail teknis membuat blog karena memang harus ada sesi khusus (dan jujur aku kurang kompeten), salah satu yang bisa kamu lakukan adalah baca baca akun komunitas blogger seperti Blogger Perempuan ada banyak tips dan trick teknis blogging atau kamu bisa hire web developer langsung. Web developerku aku tag disini ya namanya Emil super helpfull dan membimbing kita dari nol, bahkan mau bantu kalau kita ada masalah teknis.

Setelah punya blog seperti yang tadi aku bilang saatnya bikin konten tulisan. Niche (dalam kata sederhana tema) blog kamu bisa apa saja yang kamu kuasai. Bisa terspesifikasi satu tema seperti fashion saja, beauty saja, atau parenting saja atau tidak terspesifikasi, campur campur yang biasa disebut lifestyle.

Yang aku rasakan jangan tenggelam kebingungan memilih niche tapi tulisan dan postingannya gak keluar, jalankan saja dulu dengan rutin menulis sesuai yang mudah kamu lakukan. Nantipun akan ada masanya kamu betul betul memilih branding yang sesuai untuk blog kamu.

Hal penting lain yang sebaiknya dilakukan, ada waktu posting rutin. Bisa satu bulan 1 tulisan atau per dua minggu atau per minggu yang penting konsisten selalu ada postingan tiap waktu supaya orang mulai kenal siapa kamu. Saran ini bisa kamu temukan juga di salah satu postingan blogger perempuan 

Biasanya untuk merencanakan waktu posting tipsku adalah menyiapkan banyak tulisan saat waktu luang lalu set post waktu tertentu setiap minggunya (jadwal postingan aku seminggu sekali) sehingga saat tidak sempat menulis ada tulisan “cadangan” yang sebelumnya sudah disiapkan. Selalu ada block moment  dalam menjalani rutinitas menulis it’s okay you ca go throught it :). Jika masa suntuk kehabisan ide melanda take a break for a while coba mengubah rutinitas atau pergi ke tempat yang indah saat biasanya kita sudah mulai relax biasanya ide akan bermunculan kembali.

Usahakan juga konten foto dan tulisan yang kamu sertakan dalam tulisan adalah hasil karya kamu sendiri. Jika memang menyertakan foto atau tulisan orang lain jangan lupa tittle creditnya dan kutipan seperti cara penulisan yang baik yang sudah kita pelajari saat sekolah Upayakan belajar untuk tidak plagiat dalam menulis tulisan.

Gabung dengan komunitas blogger, disana kamu bisa ketemu banyak blogger senior dan sharing ilmu tentang blogging. Dan atau kesempatan pekerjaan dan event yang bahkan sebelumnya kamu tak bisa bayangkan. Beberapa komunitas blogger yang aku ikuti yaitu Bandung Hijab Blogger, Kumpulan Emak Blogger, Beautynesia, Blogger Crony dan banyak lagi.

Ingin menghasilkan uang dari blog? BIsa banget ada banyak blogger yang terkenal dan memulai kariernya dari blog sebut saja Raditya DIka, atau blogger yang banyak aku sebut di atas. Dunia blog sudah mencuri banyak perhatian seperti membangun panggung sendiri dengan tulisan dan karya yang jujur dan murni. Tapi untuk ke arah sana tentu blog kamu harus bagus dulu untuk mengundang jutaan orang datang dan membaca larya kamu serta percaya apa yang kamu tulis.

It’s a long road to reach but sure you can.

Jangan lupa mulai dan terus menulis, berinteraksi dengan teman teman pembaca dan blogger yang lain, terus berkarya bagaimanapun feedbacknya. Kalibrasi tujuan awal kalian menulis untuk apa, mungkin awal awal kamu akan merasa malu dan ingin hapus kembali apa yang sudah kamu tulis (aku merasakan sampai sekarang kadang) atau memulai dengan karya yang kurang begitu bagus setelah kamu liat tahun tahun berikutnya. Tapi berita baiknya

“Hey, selamat kamu sudah memulai! Mengalahkan banyak orang yang masih tertidur dan ketakutan memulai mimpinya”

Semoga setelah baca tulisan saya bisa jadi motivasi dan jalan baru untuk kamu memulai blog. See you another post, thanks for reading.

Love,