Petite Second Room

Melengkapi Barang Bayi, Sewa Atau Beli?

mainan bayi

Disclaimer setiap orang punya preferensi berbeda mengenai bagaimana dan apa yang dibutuhkan oleh anaknya, dan saya percaya hanya orang tua yang tahu apa yang terbaik untuk anaknya. Jadi saat saya mulai nulis tentang sewa atau beli cukup jadikan second opinion aja ya jangan sampai jadi war hehe

Saya sudah mulai melalu proses seleksi beli / sewa/ preloved / lungsuran semenjak masa anak pertama 6 tahun lalu. Gak semua barang saya beli karena makin lama barang bayi itu makin lengkap, ada saja hal yang kayaknya jadi tantangan dan setiap brand berlomba memberikan solusi.

Karena banyaknya barang yang ditawarkan di pasaran dan dipromosikan secara massive hingga nampak penting saya punya beberapa filter sebelum memutuskan apakah perlu atau tidak barang tersebut dimiliki dan cara mendapatkannya.

1. FUNGSI

Sebelum terlarut dalam kegemasan saya biasanya fokus pada fungsi, apakah barang yang akan dibeli betul betul dibutuhkan? Apakah bisa diganti dengan barang lain yang lebih universal? Apakah setelah bayi melewati fasenya barang ini akan masih punya nilai fungsi atau masuk dalam daftar barang lungsuran?

Kalau sudah melewati pertanyaan di atas baru lah saya mulai mempertimbangkan untuk memiliki barang tersebut.

2. MASA PAKAI

Setelah menimang bahwa barang yang saya incar ini betul betul saya butuhkan, pertimbangan kedua adalah masa pakai. Hal ini menentukan apakah saya memilih membeli atau sewa atau malah skip aja hehe.

Salah satu contoh barang bayi yang menurut saya seolah penting padahal ga penting banget adalah bouncer fungsinya cuma nimang nimang bayi di luar tempat tidurnya tapi variasinya macam macam hingga bisa bluetooth ke handphone dan harganya hampir seharga box bayi yang menurut saya lebih worth it dibeli. Padahal masa pakai bouncer itu maksimal hanya 6 bulan dan kabar buruknya ada beberapa bayi yang malah dari awal nolak dan gak suka.

I’ve been trying 4Moms Mamaroo saat zaman freya karena dari masa hamil sepenasaran dan sepengen itu. Dan setelah anakny lahir ga betah lama entah kenapa. Padahal harganya lumayan banget waktu itu, apalagi melihat seri terbaru sekarang makin makin deh menganga hihi. Lesson learned untunglah waktu itu bisa dipreloved, pas masa Mikayla alhamdulilah rental area Bandung mulai lengkap dan jadinya saya pinjam Nuna Leaf beberapa bulan awal.

3. HARGA

Ada barang barang tertentu yang ingin kita coba karena penasaran tapi ga tega untuk mengeluarkan budget sedemikian rupa untuk dibeli, salah satu pilihan ya sewa. Tapi kalau ada rejeki silahkan beli, anak adalah yang utama bukan?

Untuk yang tertarik sewa menyewa peralatan bayi, berikut beberapa tempat sewa barang bayi yang menurutku rekomen karena pernah coba langsung dengan catatan memasuki era new normal perlu digarisbawahi dan diperhatikan keselamatan dan kesehatan anak. Perlu seleksi ketat untuk memutuskan sewa karena masa covid 19 adalah masa adaptasi untuk kita ke era baru dalam menjalani rutinitas. Jadi kembali cek protokol kesehatan dan sanitasi masing masing tempat jika memutuskan untuk sewa, jangan sungkan untuk tanya juga.

 

BABYLOANIA

Jujur ini adalah tempat saya pertama kali 6 tahun dulu mulai sewa menyewa, dulu rental perlengkapan ibu dan anak belum begitu familiar dan babyloania salah satu pionernya. Kebetulan dulu saat awal berdiri saya salah satu pelanggan pertama dan dilayani sama mbak Fira pemiliknya yang baiiik banget. Barangnya menurutku lengkap dan terbilang high end juga variasinya banyak dan amat profesional. Banyak tempat sewa lain yang studi banding dan belajar dan Mbak Fira dan tim. Untuk cek koleksi boleh main ke webnya ya. Babyloania ini based Jakarta,

 

 

GRIZZLY TOYS RENTAL

Tempat kedua ini adalah tempat sewa saya 6 tahun lalu masa Freya juga tapi lokasinya di Bandung, dulu itu beruntung pemiliknya mau pinjemin dengan kepercayaan sama saya padahal saya masih bolak balik Garut, untuk saat ini silahkan cek lagi tnc peminjamannya. Lokasinya tengah kota dan koleksinya lengkap serta harga sewanya terjangkau menurutku. Salah satu rekomendasi juga untuk teman teman area Bandung.

 

RENTAL MAINAN BANDUNG

Untuk Rental Mainan Bandung ini saya kenal saat masa melahirkan Mikayla, barang barangnya up to date dengan yang sedang hits masa kini, penangan sanitasinya amat bagus kalau kalian main ke instagramnya banyak didokumentasikan bagaimana mereka menghandle barang barang yang baru dikembalikan hingga siap disewa kembali. Harganya pun reasonable menurutku. Untuk yang mau coba coba silahkan kontak langsung ya.

 

KIDPHORIA

Kidphoria ini aku kenal baru baru saat masa Mikayla anak kedua, lokasinya tengah kota jadi kalau mau main langsung ga jauh. Yang mencolok koleksi mainan bayi dan anak terhitung lengkap di sini, salah satu yang best seller Jumpeero dengan beragam seri dan variasi. Selain itu banyak juga mainan mainan bayi yang gemas dan amat membantu anak untuk mengasah motoriknya.

BELLE TOYS GARUT

Nah kalau satu ini khusus untuk warga Garut, setelah beberapa lama akhirnya ada juga tempat sewa mainan dan peralatan bayi di Garut. Selain sewa mainan dan perlengkapan ada juga banyak playground toys dan kursi untuk mensupport acara kamu yang melibatkan banyak anak anak termasuk acara ulang tahun. Sebetulnya Belle Toys ini cabang dari pusatnya di Bandung. Untuk yang ada perlu pinjam dan ga mau jauh boleh coba kesini ya.

Nah sekian review dan rekomendasi cara aku buat seleksi barang barang kelengkapan anak, mudah mudahan membantu teman teman yang sedang kebingungan bagaimana mengatur pemenuhan kebutuhan anak di rumah. Karena seiring pertumbuhannya kebutuhannya makin berkembang, jangan lupa siapkan hal hal lain yang lebih urgent seperti dana kesehatan dan dana pendidikan sejak dini juga ya mommies. 

Salam sayang 

Exit mobile version