Personal

TEMA YANG BIKIN BLOG KAMU DIKUNJUNGI BANYAK ORANG

Saat memutuskan untuk menulis there’s a whole lot idea to be written on your page, the world is your inspiration. Pertanyaannya mulai berputar di benak kita

Tema apa yang harus dipilih saat memulai blog?

Fashion? Beauty? Traveling? Parenting? Lifestyle? atau….apa ya? Bingung!

Penting ga sih menentukan tema blog kamu?

Tema itu ibarat GBHN yang akan menunjukan arah arah dasar kemana kamu mau membawa blog kamu. Dengan tema tertentu kita akan lebih mudah ditemukan pembaca yang punya kans besar untuk menyukai tulisan kita dan pada akhirnya bisa engaging dan jadi pengunjung setia blog. Bukan bermaksud mengkotakan orang pada tema tertentu dan tidak membolehkannya menulis hal yang lain, tapi dengan menulis sesuatu yang spesifik orang akan mudah mengingat kamu.  

Menentukan tema itu cukup tricky karena memang banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu parameter yang mudah untuk digunakan saat akan menentukan tema blog adalah hal yang kamu amat senangi, karena dengan demikian kamu akan dengan sukacita menuliskan dan bersemangat untuk berbagi dengan orang lain dan utamanya kamu akan tahu banyak hal tentang tema tersebut.

Pertimbangan kedua buat saya akses dan kemampuan pribadi. Jangan sampai demi konten keren kamu rela merogoh kocek terlalu dalam sampai kantong kamu bolong. Ada banyak hal yang lebih penting dari membuat konten keren dan disukai. Jadi diri sendiri.

Jujur ya gara gara sekali diajak pergi saya beneran ketagihan pengen pergi lagi jalan jalan. Blog Travelling di masa kini kayakny seru dan asik banget. Bisa ke tempat tempat indah, menemukan dan mencoba banyak hal baru tapi kembali karena banyak keterbatasan kayaknya tema Traveling ga gitu cocok sama saya. Tapi buat kamu yang kayaknya senang jalan jalan atau mengungkap hidden gem, travelling is not always about going abroad or somewhere fancy. Justru sekarang orang banyak mencari referensi hal yang tak banyak orang tahu saat bepergian, banyak orang ingin tahu kedai makanan yang banyak diserbu orang lokal atau tempat wisata baru anti mainstream mana yang patut dicoba dan belum banyak diketahui. Seperti yang saya liat dari mas David Depepedia yang membalut Yogya dan sekitarnya jadi lebih menarik.

Jadi tema apa yang saya ambil buat blog? Jujur tema saya saya sukai untuk tulis ada Fashion, Beauty, Motherhood, Travel, Food. Loh kok banyak amat mba haha…Iya memang karena pada dasarnya saya senang berbagi berbagai pengalaman baru dalam hidup, tapi kalau saya boleh pilih satu it would be Fashion. 

Dulu saya pikir tulis blog tentang Fashion itu selalu tentang Baju terbaru lansiran desainer atau fashion show ternyata Fashion itu amat luas cakupannya. Dan akan sangat menyenangkan untuk pembaca jika penulis bisa dalam jangkauan mereka dalam artian apa yang dicontohkan dapat diakses dan dibeli oleh pembaca. Make fashion for everyone.

Bisa padu padan baju mahal branded itu keren tapi kalau kamu bisa padu padan baju biasa terus nampak keren it’s genius. Satu fashion blogger yang beneran brainwash saya adalah Dasha seorang fashion blogger asal Rusia. Pertama kali liat postingan dia muncul saya spektis okay another high fah syun girl. Begitu double tap fotonya wow ternyata semua barang yang dia pake cuma high street brand kaya Hnm Zara Mango dkk (di luar ga ada bangkokan apa mangdu kan jadi high street brand kaya gini udah termurah harganya) tapi looknya bisa banget nyaingin Fashion Blogger yang seliweran di Paris atau Milan.

Dari sana saya berpikir pilihan gaya yang keren itu ga selalu harus memberatkan kantong. Kalau kamu mengikuti gaya blogger sukses yang duluan malang melintang tanpa menawarkan sesuatu yang baru it would be just another clone you woudn’t be remembered. Tapi kalau kamu tambahkan sesuatu yang baru people will stare and remember you.

Pun begitu dengan gaya menulis, saya pernah coba ikut gaya menulis salah satu fashion blogger fav saya. Lot of pic less words tapi kemudian saya merasa kehilangan sebagian diri saya saat saya liat postingan saya karena i looooovveeee to tell a lotta story. Saat saya mulai kenal Amrazing dan Vivy Yusof ternyata menulis dalam banyak kata pun menarik dan bermakna kok. So i turn my style into more…me!  Ya kaya gini banyak cerita hihi.

Tetap saya masih mencoba mencari formula yang tepat terus berkompetisi dengan diri sendiri supaya lebih baik. Intinya apapun tema yang kita gunakan do it very good with your own style. Karena kembali it’s your blog your way dont lose the fun.

Happy Blogging. Thanks for reading,

Love

6 Comment

  1. Nah ini nih, nentuin tema itu agak tricky, karena ya maunya diembat semua, sama kayak aku yang suka cerita. Hihi. Tapi gak shanggup kalau semua diambil. Btw teh, aku jg lagi nyari gaya bahasa yang enak. Harus sering-sering baca blog orang ya biar terinspirasi..

  2. Yupz yang penting sesuai sama passion dulu aja meski tetap harus mempercantik tampilan karena ibarat open house aja orang2 juga kudu betah pas berkunjung ke blog jangan bikin pernak-pernik yang bikin sakit mata asal based nya putih sih aku mah baik-baik aja dan warna soft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *