Personal Semua Kategori

The Art of Work

 

Bekerja itu bukan sekedar bertukar tenaga dan pikiran dengan secarik cek atau dana di akhir bulan. tapi lebih dari itu bekerja menunjukan diri kita sebenarnya.

Mengapa demikian?

Karena dalam bekerja setiap pribadi akan terbuka dengan sendirinya. Pribadi seseorang yang sebenarnya akan terbuka saat dalam tekanan. Jadi pastikan kamu bisa mengeluarkan sisi terbaik dirimu selama bekerja.Karena bukan hanya uang tapi integritas dan kapabiitas kita yang dipertaruhlan.

Kita bekerja dalam sebuah team work. Kesuksesan satu bagian menjadi madu manis bagi semua tim, dan begitu pula sebaliknya kegagalan satu orang bisa jadi menjadi aib bagi semua orang.

Untuk kamu fresh graduate, adalah hal wajar memimpikan hal yang indah setelah berpeluh menghadapi dosen dalam sidang dan cobaannya saat membuat tugas akhir. Tapi perlu diingat ada ribuan bahkan jutaan orang yang melakukan hal yang sama tiap bulannya.

Ada beberapa tips dan masukan buat kamu fresh graduate ataupun old graduate yang bekerja

  1.  Beri nilai tambah buat diri kamu sendiri

Maksudnya selain IPK kamu, ada yang bisa kamu tawarkan sebagai nilai tambah kepada perusahaan tempat kamu bekerja. Bisa jadi kemampuan bahasa asing (mandarin, japanese is in high demand) atau kemampuan kamu dalam networking dan marketing. Dalam hal ini secara gamblang kamu menawarkan soft skill yang tidak semua orang miliki sehingga menjadi cukup alasan untuk pihak HRD memilih kamu sebagai karyawan mereka

2.  Just Perform

Tulisan ini saya baca di bukunya billy boen, dimana setelah diterima bekerja kamu harus membuktikan kinerja kamu, Jangan cuma makan gaji buta dengan main tetris atau zuma di komputer tapi PERFORM. Aktif bertanya pada pegawai lama mau itu OB sekalipun, berusaha membrikan masukan demi kemajuan perusahaan. Intinya tunjukan kinerja maksimal kamu kepada rekan kerja dan atasan serta bawahan. Ingat materi akan menyesuaikan saat kamu sudah menunjukan kualitas. Jangan cuma mempermasalahkan gaji dan gaji apalagi fresh graduate kalian mungkin punya dasar ilmu yang diperlukan tapi masih minim pengalaman di lapangan jadi mari merintis dari bawah supaya tidak besar kepala saat sudah berada di puncak.

3. Jangan asal keluar masuk perusahaan

Kalau kalian sudah menerima panggilan kerja dan mempertimbangkan untuk menerimanya, pastikan kalian benar-benar siap untuk bekerja di tempat tersebut. Minimal 1 tahun untuk menjadi pengalaman pekerjaan jiga dalam waktu beberapa bulan kalian sudah mengundurkan diri dan mulai melamar di perusaahn lain maka akan menjadi pertanyaan apakah yang salah dengan diri kalian. Beda halnya kalo kalian sudah masuk satu perusahaan dan menunjukan performa prima perusahaan lama malah akan ‘nawar’ naik gaji asal kalian tinggal. Jadi pikirkan matang matang saat kalian akan masuk dalam suatu perusaan

4. Jangan mau merupiahkan harga diri kalian

Kenapa saya bilang begini?karena menurut saya aspek ini merupakan hal yang sangat krusial. Jangan terus menuntut hak kalian sementara kewajiban kalian belum dipenuhi. Saya pernah punya pekerja yang semangat setengah mati pas ngambil gaji tapi ga ada kerjanya, ujungnya dia ga bisa tahan kerja lama di perusahaan mana pun karena pemilik merasa gerah. Jangan mau merupiahkan harga diri. Ingat materi itu akan mengalir sesuai dengan kompetensi kita

Segitu kali ya unek unek saya dan saran masukan dalam bekerja semoga bisa bermanfaat. Good Luck 😉

IMG_8557

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *