Travel Diary

DREAM PLACE TO GO

Dengan adanya media sosial dan perkembangan zaman kita bisa bersyukur bahwa sekarang traveling ramah untuk setiap orang. Banyak cara untuk kita bisa pergi ke tempat impian entah itu di dalam ataupun luar negeri dengan perencanaan matang semua mungkin terjadi dan dengan sedikit keberuntungan keberuntungan semua bisa terwujud.

Jika berbicara tempat impian yang ingin dituju jujur saya bingung mau tulis tujuan mana karena terlalu banyak tempat yang ingin saya jelajahi tapi belum punya waktu dan rejeki untuk melakukannya. Dengan akses tanpa batas dan banyak kemudahan semua seakan sudah ada di pelupuk mata. 

Dalam satu obrolan sederhana dengan teman saya menemukan satu pencerahan soal esensi tempat travel impian. Teman lama saya ini salah satu orang yang sukses menjalani pekerjaan impian banyak orang, hobi yang dibayar. Tapi tentu semua dibayar dengan kerja keras dan berbagai rintangan yang harus dihadapi. Sampailah kami ke topik traveling dimana pekerjaannya sekarang membawanya pergi ke berbagai tempat yang sebelumnya tak pernah diduga. Di tengah kekaguman saya dengan ceritanya pesannya hanya satu waktu itu…

Yang saya rasakan dulu, sebelum saya bisa pergi ke berbagai tempat seperti sekarang satu tempat pertama yang saya tuju, pergi haji ke tanah suci. Entah kenapa saya merasa harus pergi dulu ke tanah suci dan merasakan pengalaman spiritual yang mengagumkan ini. Dan setelahnya Allah buka berbagai jalan dan kemudahan untuk kehidupan saya. Jadi sebelum pergi kemana mana coba utamakan pergi beribadah dulu.

Di sana saya tertegun, di balik tabungan liburan saya untuk pergi ke banyak tempat kenapa tak pernah terbayang untuk mendahulukan yang wajib untuk ketenangan jiwa dan batin. Dalam pikiran saya pergi ibadah ke tanah suci seperti keharusan jika memang sudah mampu tapi tak pernah terfikirkan untuk punya pemikiran sedalam itu. Untuk saya prinadi bisa pergi ke tanah suci adalah satu keberuntungan besar karena tak sembarangan orang bisa pergi kesana. Bukan karena semata dia mampu, atau karena amalnya begitu banyak tapi semata Allah memanggilnya untuk datang dan Allah mudahkan semua jalannya. Jika Allah belum berkehendak untuk kita pergi sekuat apapun kita berusaha selalu ada halangan yang membuat kita tak bisa pergi.

Jadi jika ditanya tempat impian yang ingin dituju saya akan bilang tanpa ragu tanah suci karena disanalah letah kerinduan yang tak bisa saya jelaskan. Dan semoga dengan doa teman teman iimpian saya bisa terwujud.

Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *