Travel Diary

LIMA TEMPAT MAKAN ENAK YANG WAJIB KAMU DATANGI DI GARUT

Kalau kamu berkunjung ke satu kota tentunya kamu ingin tau hidden gem kuliner yang wajib dicoba disana. Saat ini saya mau kasih kamu 5 rekomendasi tempat makan yang HARUS kamu datangi dan coba kalau berkunjung ke Garut versi saya. Warningnya tempat yang akan saya sebutkan bukan tempat hype kekinian dan bahkan banyak diantaranya yang tidak memiliki media sosial untuk promosi karena kebanyakan pemiliknya fokus pada penjualan secara tradisional. Dan harus rela antri dengan tempat seadanya, tapiiiii sekali coba yah jangan salahkan saya kalau jadi list favorit kalian. Penasaran apa saja tempat makan yang akan saya sebut oke kita absen satu per satu.

 

Rumah Makan Mang Iki

 

sumber foto google

Entah dari tahun kapan rumah makan ini berdiri karena mama saya pernah berujar salah satu tempat makan yang sering mama kunjungi waktu kecil adalah mang iki. Tempatnya di gang belakang Toko Mas Wong jadi memang agak tricky untuk sampai ke rumah makan ini. Resepnya sama dari dulu dan saya gak tahu kenapa makan di sini nikmatnya ga ada dua. Menu favorit saya Ayam Goreng, Ati Ampela Goreng lengkap dengan lalapan dan sambal terasi. Sederhana sebenarnya tapi entah kenapa rasa ayamnya sungguh gurih manis ayam kampung dan bumbu khasnya ada bawang daun yang setengah matang. Biasanya kadang untuk oleh oleh kita bisa beli ayam goreng mentah untuk kita goreng di rumah atau setengah matang. Harganya terhitung ramah di kantong, tapi siap siap kepanasan dan antri di sini ya karena memang seenak itu.

 

BASO ACI CEU IMAS

 

 

Sumber foto : Google dan Instagram

Kayanya kalau saya cari Ratu baso aci di Garut itu pasti ceu imas, entah kenapa ya buat saya enaknya kebangetan dari mulai kuah baso dan segala pendampingnya semuanya perfecto. Kalau ada gelar michelin untuk kedai bakso udah bintang 6 kayaknya ceu imas ini. Beliau memang sudah hampir lebih dari satu dekade berjualan bakso, dan kayaknya pertama kali mempelopori penggantian asam cuka diganti jeruk nipis supaya lebih segar dan nikmat. Kalau mau ke sini harus mau rela pegel antri apalagi kalau makan di sana, lebih enak memang makan disana. Tapi saya ingatkan lagi kedai ceu imas ini berupa rumah yang disulap jadi tempat usaha jadi buat saya kesannya kaya main dan ikut makan di rumah teman. Jarang banget kosong hahaha dan kabar baiknya sekarang ini Ceu Imas sudah bikin variant Baso Aci beku paket yang bisa kamu bawa ke luar kota buat oleh oleh. Kalau kamu ga suka baso aci ada beragam baso lain kok di ceu imas. Selain bakso kuah banyak variant yang ditawarkan ceu imas seperti mie ayam. Belinya disini ga paket tapi item misal saat kamu datang kamu pesan 3pc baso aci 1 baso urat 2 siomay 1 ceker jadi custom gitu. Nah pas bayar jangan kaget kalau harganya lebih mahal dari bakso pada umumnya. Rekomen saya harus coba bakso kuahnya karena memang kuah dan sambalnya yang juarak soal toping silahkan pilih sesuai selera karena semuanya enak.

 

SEBLAK TIBO

 

 

 

Sumber Foto : Instagram Gerobak Tibo

Pengen makan seblak yang gak biasa? Nah kalau kamu ke Garut waktunya beli Seblak di Gerobak Tibo harganya terhitung lebih mahal karena porsinya super besar. Nah kalau Tibo ini tempatnya lebih enak menurut saya tapi tetap ya selalu penuh apalagi jam makan. Ada dua kuah yang ditawarkan gurih dan manis tapi bukan manis banget pas saya coba jadi lebih tak gurih dari yang satunya. Buat penggemar pedas silahkan pesan tingkat kepedasan sesuai selera, saran saya mending beli langsung dengan menyebutkan level daripada nanti sambalnya ditambahkan di luar karena rasanya beda lebih nikmat yang sudah dicampur langsung. Menu favorit saya Seblak Tibo karena merupakan paket komplit segala toping ada jadi kamu bisa bereksperimen dan tahu rasa semua toping. 

 

CIGOR TEH HANA

 

   

 

Sumber foto : Instagram Teh Hana

Nah kalau teh Hana ini kedainya dekat rumah di daerah Cikajang (1 jam dari Garut Kota), sebenarnya Teh Hana menjual beragam makanan, kamu bisa lihat di instagram pribadi Teh Hana di sini. Banyak sebenarnya menu yang ditawarkan sama teh hana dan semuanya enak tapi yang paling fenomenal itu Cigor (Aci diGoreng) Teh Hana sampai sampai banyak orang meniru dan berjualan saking fenomenalnya hingga sekarang. Padahal seporsi hanya seharga Rp 5.000. Meskipun banyak yang meniru tetap buat saya ga ada yang seenak teh Hana ini, selain cigor menu rekomendasi saya di Teh Hana ini Cimi, Baso Beranak. Tapi hati hati pilih level kepedasan di teh hana karena pedesnya gak main main, saya saja sekarang hanya sanggup makan di level 1/2 atau gak langsung sakit perut hehe.

 

SEAFOOD PAK GALANG

 

 

Sumber Foto : Foursquare

 

Kalau kamu penggemar seafood salah satu tempat yang wajib kamu datangi adalah Seafood Pak Galang di Jalan Ciledug no 17. Tempatnya tenda pinggir jalan dekat toko oleh oleh atau dekat Bank Mandiri Ciledug. Pak Galang sebetulnya menyediakan beragam seafood dan termasuk pecel tapi buat saya super recomended di sini itu seafood goreng karena sambalnya juara!. Kadang kalau lagi penuh kalau kita mau nambah sambal harus nambah Rp 2000. Menu favorit saya kerapu goreng, cumi goreng, dan kerang goreng. Bukanya malam saja dari sekitar pukul 07.00 malam. 

 

Nah demikian top 5 saya kali ini sebetulnya ada begitu banyak kuliner lezat yang bisa dicoba di Garut, nah kalau bingung kamu bisa buka akun Jajanan Garut untuk referensi. Enjoy the food people.

 

Thanks for reading, love

 

14 Comment

  1. Aq ke Garut biasanya klo lg mau berendem ke air panas teh, dan belom sempet eksplor kuliner nya (paling2 mentok d Asep Stroberi hungkul wkwkw). Ide banget ni artikelnya kalau next time aku k Garut lg hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *