Semua Kategori

Simple Things That Matters

Happiness is a state of mind.

Pada prakteknya sulit menghindari jebakan pikiran bahwa hidup ini gak adil, ada benarnya juga pas saya baca postingan salah satu teman blogger mbak Dian

Comparison is the thief of joy.

Dan sering saya merasa tak jadi apa apa, tak punya apa apa saat melihat orang lain yang memiliki hal yang lebih baik, hal yang lebih banyak. Padahal saat saya tanya tetap saja ada bagian kosong yang Allah ambil supaya hidupnya terasa berimbang.

Sebagai orang yang sedang belajar untuk mensyukuri segala hal yang terjadi dalam hidup, saya teringat lima hal sederhana yang membuat saya tetap merasa hidup dan bahagia karena memilikinya. Apa sajakah?

1.Saya punya seorang suami yang sangat supportif

Lima tahun awal pernikahan kami jalani dengan beragam dinamika seperti pasangan lainnya yang berjuang bersama untuk mempertahankan hubungan. Suami memiliki peran sentral dalam kehidupan saya saat ini karena tentu apa yang saya lakukan harus melalui approval beliau, setelah menikah tanggung jawab terhadap saya berpindah dari orang tua ke suami. Saya bersyukur punya patner hidup yang santai dan sabar menghadapi diri saya yang sangat detail panikan dan memikirkan banyak hal bahkan kadang kejauhan. Untuk itulah mungkin Allah memasangkan kami untuk saling melengkapi. Dan yang lebih utama dia mau berbagi tugas dengan saya dalam banyak hal terutama pekerjaan rumah dan mengurus anak. Dan suami pun tak segan untuk memberi saya keleluasaan dalam melakukan banyak aktifitas di luar pekerjaan selama positif dan saya bisa menjaga kepercayaannya karena dia salah satu suami yang super posesif gampang cemburuan haha. Tentu dia pun tak lepas dari banyak kesalahan tapi saat saya lihat diri sendiri saya pun memiliki lebih banyak kesalahan. So thank you for being my spouse this whole life.

2. Have my lil girl

Bisa ditanya pada setiap ibu bagaimana beratnya mengasuh anak apalagi jika kita bekerja. Kadang saya merasa cape dan jenuh dan letih. Ada satu waktu saat anak saya pergi main bersama sepupunya dan saya berdua dengan suami di rumah. Rumah begitu senyap dan rapi dan saya langsung kangen sama anak saya. Kadang kalau saya sedang mengeluh tentang mengasuh anak, suami mengingatkan bagaimana perjuangan kami berdua dulu ingin memiliki seorang anak. Memiliki anak bukan hak kita tapi kuasa Allah karena Dia lah yang Maha memiliki. Dan saya bersyukur bisa diberikan kepercayaan memiliki seorang anak gadis luar biasa yang mengajarkan saya banyak hal setiap harinya.

3. Memiliki rasa aman dan damai

Semalam saya baru saja nonton film The Quite Place saya gak bisa membayangkan hidup dengan perjuangan berat hanya untuk bertahan hidup. Jangankan untuk bermedia sosial dan bahkan hanya sekedar bertahan untuk bisa hidup esok hari sepertinya masih pertanyaan berat, teringat teman teman yang hidup di daerah konflik dan perang. Dengannya saya beryukur tinggal di tempat yang aman yang memberikan kita banyak kesempatan untuk melakukan banyak hal.

4. Sehat

Bagian ini bukan normatif, tapi jujur memiliki badan sehat adalah salah satu hal yang membuat saya bahagia. Karena saya menyaksikan banyak orang tumbang oleh sakit hanya seketika. Sehat badan dan pikiran, karena saat ini kesehatan mental banyak terabaikan padahal sama pentingnya untuk dijaga selain badan.

5. Memiliki support system positif

Saya punya banyak teman relasi you name it, tapi saya amat membatasi inner circle saya dan berusaha lebih selektif dalam menentukan orang yang bisa mempengaruhi saya. Beruntung allah selalu mempertemukan saya dengan banyak orang positif yang memberikan saya inspirasi untuk menjadi lebih baik. Dan saya pun punya mandat untuk menularkan kepositifan itu kepada orang lain.

Bukan masalah banyaknya hal yang bisa menentukan kita bahagia tapi bagaimana sikap kita terhadap apa yang sudah kita miliki. Jika kita bersyukur dan menikmati apa yang kita miliki maka kita memiliki segalanya untuk kita nikmati. Be happy be gratefull.

Love,

20 Comment

  1. Yes, pada akhirnya kebahagian itu tergantung bagaimana cara kita menyikapi setiap permasalahan. Karena selama masih bernafas tentu saja tak akan lepas dari yang namanya masalah.

  2. Setuju teh. Banding bandingin kehidupan sendiri sm org lain tuh gak adil buat diri sendiri. Kita kadang cuma liat manis2nya orang, tanpa tau dibaliknya merekapun berdasah2 ngadepin masalahnya. Tiap org punya suka dan dukanya masing2.

    1. Betul teh thie thief of joy memang kalau udah kita ga sadar membandingkan diri dengan pencapaian orang lain hehe

  3. Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Padahal kayanya tetangga juga melihat rumput kita lebih hijau. Eh kumaha?
    Intinya tulisan ini jadi reminder buat saya untuk selalu bersyukur bahkan dengan hal-hal kecil yang jarang disadari. Nuhun sharing nya teh

  4. iya mbak, bersyukur akan membuat hati bahagia, terkadang emang godaan rumput tetangga yang terlihat lebih hijau selalu ada, bisa jadi itu rumput sintetis loh jadi awet hijaunya hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *