maternity ootd
Motherhood

Cara Ampuh Cegah Stretchmark Selama Hamil

Stretchmark jadi salah satu hal yang paling ditakuti muncul setelah hamil oleh semua ibu hamil. Perlu mental yang cukup kuat untuk menerima kalau tandanya sudah muncul, beruntung makin kesini makin banyak kampanye untuk mendukung ibu menerima datangnya “tanda besar” ini. Bukan sebagai pertanda ketidaksempurnaan tapi sebaliknya sebagai tanda mata atas besarnya pengorbanan yang diberikan ibu untuk anaknya. Dan bahkan banyak selebritas yang akhirnya showing their imperfection proudly dan membuat kita sadar kalau punya tanda ini adalah hal yang lumrah dan natural.

Setelah ngobrol dengan banyak teman dan mencoba serta berdiskusi tentang banyak produk yang dikampanyekan dapat membantu mencegah timbulnya stretchmark saya sampai pada satu simpulan.

Stretchmark hadir dan tak hadir atas dasar keberuntungan.

Dan beruntung ini bisa jadi multitafsir apakah beruntung memiliki ataupun tidak.

Ada teman yang cuek setengah mati tidak menggunakan produk apapun tapi kemudian setelah melahirkan badannya bebas dari stretchmark.

Ada pula teman yang sangat telaten hinga bisa mengaplikasikan produk belly balm dan oil sehari dua kali dengan riset mumpuni tapi harus menerima pada akhirnya stretchmark hadir dalam kehidupannya.

Ada pula teman yang memang menggunakan produk produk untuk mencegah stretchmark secara rutin dan alhamdulilah terbebas dari stretchmark.

Tulisan ini opini ya…dari apa yang saya lihat dan temukan di lingkungan. Secara ilmiah stretchmark bisa dijelaskan seperti di bawah ini.

Stretchmark adalah kondisi ketika kulit meregang akibat salah satu anggota tubuh mengembang namun kulit yang dimiliki tidak elastis. Biasanya hal ini terjadi karena penambahan berat badan yang dialami oleh manusia. Saat bagian tubuh mengembang, lapisan kulit (dermis) mengalami penipisan, dan membuat pembuluh darah di bawahnya muncul dan tampak ke permukaan kulit membentuk guratan. Guratan ini lama kelamaan menjadi putih dan kita sebut stretch mark. Stretch mark juga umum terjadi pada ibu hamil, biasa muncul di bagian perut, karena bagian tersebut yang merenggang paling besar di antara bagian tubuh lainnya. Jika tubuh kekurangan kolagen atau protein, kulit yang dimiliki akan kekurangan kelenturannya dan dengan dapat mudah terkena stretch mark ini.

Sumber : Pop Mama

Untuk saya pribadi saat hamil pertama alhamdulilah mendapati diri bebas dari stretchmark tapi gak tahu ya hamil kedua sekarang, mudah mudahan sih bebas juga tapi tetap menyiapkan mental kalau kalau tanda itu hadir di akhir hari.

Kalau kita mengerti mekanisme hadirnya strecthmark, cara pencegahannya kurang lebih dengan menambah elastisitas kulit dan seperti kita tahu kebanyakan krim stretchmark yang di jual di pasaran mensyaratkan kelembaban yang lebih banyak untuk kulit selama masa kehamilan. Selama hamil saya gak pake produk khusus sih…kalau dulu saya langganannya Body Oil The Body Shop (lalu dicampur ke lotion) karena mereka punya variant yang amat banyak dan wangi yang segar.

Hamil kedua ini saya cuma pake satu produk  Bath and Body Work Triple Oil Body Balm alasannya karena saya beli pas SALE sebelum hamil dan masih sisa banyak dan memang enak ternyata (hmmhhh sungguh kejujuran hqq). Dulu saya pakai untuk mengobati kaki yang pecah pecah kalau cuaca kering banget, setelah hamil saya jadi kepikiran pakai untuk perut karena wanginya super enak dan lembab banget. Dari satu kemasan saya pakai setiap hari belum abis juga sampai sekarang saya memasuki bulan ke delapan. Karena sedikit saja sudah betul betul bikin lembab sampai sore.

 

Bath and Body Work Body Balm

Iseng kemarin saya coba beli oil ternama lain ukuran kecil untuk jaga jaga kalau body balm saya abis, TAPI saya merasakan perbedaan signifikan kelembabannya, beneran deh body balm ini juara banget dan aku jadi beneran bilang dalam hati ini musti dishare banget buat buibu hihi. Dia bisa tahan sampai malam makanya saya kalau aplikasi cuma sekali pas pagi sore masih lembab kulit perutnya.

 

 

Multifungsi sih sebenarnya dan vegan yah produk Bath and Body Work ini dan wanginya no play play sebagai penggemar wangi semua produk BBW itu pasti juara. Saya gak tahu juga ya apakah dengan apa yang saya lakukan akan berhasil mencegah stretchmark muncul atau tidak tapi semoga saja bisa. Kalau buibu mau coba produk di luaran pun bisa kok ada banyak rekomendasi produk yang bisa digunakan sesuai budget intinya buatku harus lembab.

Semoga sharingnya membantu ya…

maternity ootd

Thanks for reading, Love

Yesi Haerunsia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.